Walikota Gorontalo Harap Peran dan Fungsi DPRD Dapat Terlaksana Secara Efektif

Walikota Gorontalo, Marten Taha. (FOTO: Hms Pemkot)

Manado, (PN) —  Walikota Gorontalo, Marten Taha menegaskan peran dan fungsi DPRD dalam melaksanakan tugas, wewenang dan hak-haknya dapat terlaksana secara efektif sebagai wakil rakyat di pemerintahan daerah.

Sebab, menurut dia pada kegiatan peningkatan kapasitas DPRD dalam pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kota Gorontalo merupakan kebutuhan yang sangat penting.

“Berhasilnya ataupun tidaknya peningkatan kapasitas, peran dan fungsi DPRD dapat diukur dari seberapa peran aktif DPRD dalam pembangunan pelayanan ketika ada aspirasi dari rakyat,” ujar Marten pada sambutannya. Senin, (07/02).

Lebih lanjut, Marten menjelaskan dalam menjalankan tugas, DPRD juga harus mampu meningkatkan pemahaman dengan menganal etika politik, dalam pelaksanaan fungsi-fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan dapat berlangsung secara etis dan profesional.

“Dengan memahami aturan secara baik, saya yakin dan percaya para anggota DPRD ini bisa mengemban tugas dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu, Walikota dua periode ini berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dimanfaatkan DPRD dengan sebaik-baiknya. Sehingga kedepan DPRD dapat mendorong para OPD untuk senantiasa memiliki kemampuan dan meningkatkan kinerja mereka.

“Selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tetap mengedepankan konsistensi tata kelola keuangan yang baik dan benar dalam mewujudkan Kota Gorontalo sebagai Kota Sejahtera, Maju, Aktif, Religius, dan Terdidik (SMART),”pungkas Walikota Marten Taha. (IH)