Sekda Bonebol Uji Tiru Pengembangan Usaha Kopi di Wonosantri

Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma memimpin pelaksanaan studi lapang pengembangan usaha dan pengelolaan kopi di Wonosantri. (Foto: Kominfo)

Malang, Medgo.Id — Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango, Ishak Ntoma memimpin pelaksanaan studi lapang pengembangan usaha kopi dan pengelolaan kopi di Wonosantri Desa Toyormarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Senin, (07/02)

Sekda Ishak Ntoma mengatakan, Apa yang dilakukan di KTH Wonosantri ini ada hubunganya dengan desertasinya Bupati hamim Pou, mengelola potensi desa, lewat pertanian dalam mengurangi angka kemiskinan.

Sekda mengatakan, desa Toyomarto luar biasa, meski memiliki jumlah penduduk sebanyak 13 ribu, namun presentasi kemiskinan desa Toyomarto jumlah kemiskinan yang sangat rendah.

“Tak heran kita harus ke desa ini. Apalagi desa ini memiliki hutan dan fokus pengembangan pertanian,” terang Sekda.

“Bone bolango ini meniru apa yang ada di toyomarto, bagaimana petani bisa meningkat produksi dan menjngkat pendapatanya sehingga meningkat ekonominya,” jelas Sekda lagi.

Bicara soal kesuksesan mengangkat kopi, Sekda mengatakan, kebetulan kopi pinogu kopi kami harganya seharga Rp.11.000 menjadi Rp. 110.000.

“Kami ingin juga harga kopi kami bisa bernilai tinggi seperti kopi disini seharga mentahnya Rp. 300.000 per kilo,” jelasnya.