Sumbang Gajinya 25 Persen, Tokoh Ini Jadi Sorotan Publik

Firdaus sebagai pejabat Wali Nagari

Agam,  (MEDGO.ID) — Menjadi sorotan publik, tokoh ini memberikan pembelajaran baru dalam dunia pemerintahan dengan memberikan gajinya 25 persen kepada masyarakat.

Firdaus dilantik sebagai Wali Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam pada bulan  Desember 2019 lalu.

Lihat juga : Berhasil Benahi Transportasi Gubernur Anies Baswedan Dapat Penghargaan Dunia Internasional

Visinya saat menjadi Wali Nagari, yaitu terbangunnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan guna mewujudkan Negeri Bukik Batabuah yang aman, nyaman, maju, adil, makmur, bermartabat serta berakhlak mulia, berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (Adat Bersandar kepada syari’at, Syari’at bersandar kepada Al-Qur’an).

Lihat juga : Banjir Bandang (Galodo) Landa Malalo,   Rumah  Warga Hancur,  Mobil Hilang Masuk Danau

“ Motivasi saya untuk menjadi walinagari itu sebenarnya sudah sesuai dengan rencana saya,” tukas Firdaus, Jum’at (17/01) Siang.

Firdaus satu-satunya Wali Nagari di Kabuputen Agam yang menyumbangkan gajinya sebesar 25 persen untuk beasiswa pendidikan, ini salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu pendidikan masyarakat Bukik Batabuah.

Selain itu beliau juga akan mengupayakan mencari beasiswa untuk siswa maupun mahasiswa yang ada di Nagari Bukik Batabuah dari lembaga – lembaga yang tidak mengikat, dan sekarang sudah ada dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan lembaga-lembaga lainnya.

Lihat juga : Asyik Nongkrong Diwarkop, Mobil Honda Brio Raib

Program yang dibuatnya untuk pemberdayaan kebersihan, yang mana sampah bisa menghasilkan Rupiah. Selama ini sampah menjadi masalah bagi masyarakat dan sekarang gimana sampah menjadi solusi dari masalah, “mungkin ini tidak bisa diwujudkan dalam waktu cepat, tetapi dalam satu periode 6 tahun masa jabatan akan saya usahakan ini terwujud,” ujar beliau.

Firdaus menambahkan, “Baginya, jabatan sebagai Walinagari itu bukan sebuah pekerjaan tapi sebuah pengabdian”.

Harapannya untuk masyarakat Nagari Bukik Batabuah, sesuai dengan slogan Nagari yang telah di sampaikan di pertemuan “mari kita berkerja sama dan sama-sama bekerja”.

Wali Nagari adalah sejenis jabatan kepala desa,  tapi tak setara, dan jabatan Wali Nagari dan Kepala desa keduanya posisinya dibawah camat.  Dan jabatan Wali Nagari ini  hanya diprovinsi Sumatera Barat.(Ayu)

Terkait : 

Tak Lama Berselang, Polres Bukittinggi Ciduk Pengedar Sabu

Tak Punya Nurani, Bayi Dibuang Orangtua Diperkebunan Tebuh

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here