Sidomukti Menuju Desa Inovatif Mendorong Pembangunan Yang Berkesinambungan

Kabgor, (MEDGO.ID) — Di usia yang ke 51 tahun Desa Sidomukti tentunya banyak hal tantangan dan rintangan yang terus dilewati untuk menuju desa yang lebih maju, lebih berinovasi dalam berkreatifitas, baik aparaturnya dan masyarakatnya.

Tingkat kemajuan suatu desa tentunya sangat berimbas kepada kesejahteraan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat itu sendiri bersama membangun desanya dalam berinovasi kreatif.

Serangkaian dengan HUT ke 51 Desa Sidomukti. Sekretaris daerah (SEKDA) Kabupaten Gorontalo Ir Hadijah U Tayeb.MM, dalam kesempatan ini menghadiri sekaligus menutup puncak rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Desa Sidomukti yang ke-51 tahun, selasa 11/02/2020.

Saat melihat langsung penampilan oleh siswa-siswi desa Sidomukti, ibu Sekda sangat terkagum menyaksikan keragaman seni budaya.
Menurutnya ini adalah suatu kembanggaan sendiri memiliki desa yang penuh dengan keragaman budaya, dan bisa menyatukan dalam kehidupan masyarakat, dan ini harus di jaga dan dilestarikan.

Di usia yang ke-51 Desa Sidomukti ini diharapkan bisa menjadi ujung tombak dan menjadi sebagai perancang pembangunan desa yang penuh ide kreatif serta dapat meningkatkan kwalitas taraf hidup di masyarakat secara keseluruhan.

Mengutip dari setiap penyampaian Bupati Nelson Pomalingo, Ibu sekda mengatakan bahwa didalam suatu pembagunan desa tidak hanya sampai diprogram saja, akan tetapi membangun yang berkesinambungan, membangun yang berkelanjutan, agar supaya tidak mubazir.

“Jangan sampai tahun ini kita bangun satu kegiatan, putus lagi ditahun berikutnya. Nah ini kan tidak berkesinambungan, dan tidak efisien namanya.” jelas Ibu Sekda.

Hadijah U Tayeb juga berharap kepada aparatur desa, setiap kegiatan desa dari tahun ketahun harus ada kesinambunganya.

“Di usia yang Ke-51 ini adalah suatu sarana untuk mengevaluasi, dan sudah sejauh mana pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa. Dan Alhamdulillah pak kepala desa sudah melaporkan, Bahwa begitu pesat pembangunan desa yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa dari tahun ke tahun.
Dengan adanya dana desa, kegiatan-kegiatan yang tidak teralokasikan oleh dana dari kabupaten atau dana dari provinsi maupun pusat itu bisa dilakukan melalui dana desa. Apa yang dituangkan dalam program kerja kabupaten Gorontalo, itu harus diteruskan oleh pemerintah desa.” jelas ibu Sekda dalam kata sambutanya.

“Untuk itu atas nama Pemkab Gorontalo menegucapkan selamat ulang tahun yang ke-51 kepada seluruh jajaran dan seluruh masyarakat Desa Sidomukti. Semoga Sidomukti kedepan lebih baik lagi, lebih berinovasi lagi, lebih kreatif lagi, dan semakin jaya terus, serta tatap melestarikan keragaman budayanya.” tutup ibu sekda dalam rangkaian kegiatan HUT desa Sidomukti yang ke-51.

Dalam kesempatan itu turut dihadiri oleh ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway M. Pd.
Camat mootilango, Tokoh masyarakat setempat, Kapolsek, Danramil, anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten bersama aparat dan para undangan lainya.(Adv)

Reporter: S. Ar Onge (Inong Gorapu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here