Serangan Militer Rusia Semakin Gencar, Tembakan di Darat dan melalui Pesawat Udara

Sebuah fasilitas militer Ukraina yang rusak setelah penembakan Rusia di luar Mariupol, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto: AP)

Militer Rusia menggempur Ukraina dengan artileri dan serangan udara pada Sabtu (12/3) di tengah pertempuran hebat di sebelah barat laut Ibu Kota, Kyiv, dan di beberapa kota lain sementara pasukan Rusia berkumpul 25 kilometer dari Ibu Kota.

Dalam sebuah konferensi pers, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan 1.300 tentara Ukraina telah tewas.

BACA JUGA :  Ginandjar: Semua Investasi Jepang Lancar

Sebuah serangan rudal Rusia menghancurkan sebuah pangkalan udara Ukraina di Kota Vasylkiv Sabtu pagi (12/3), menurut Wali Kota Natalia Balasynovych.

Asap mengepul dari kontainer yang terbakar setelah penembakan di Vasylkiv, barat daya Kyiv, Ukraina, Sabtu, 12 Maret 2022. (Foto: AP/Felipe Dana)

Dia mengatakan sebuah depot minyak juga hancur, sementara Kantor Berita Interfax Rusia mengutip Balasynovych yang mengatakan roket-roket Rusia menghancurkan sebuah depot amunisi dekat Vasylkiv.

BACA JUGA :  Cerita Mantan Office Boy Merilis Paltform Edukasi Digital Marketing

Kementerian luar negeri Ukraina mencuit pada Sabtu (12/3) bahwa pasukan Rusia menyerang sebuah masjid di Mariupol di mana 80 orang sedang berlindung.

Kementerian itu tidak mengungkap waktu serangan, tapi mengatakan sebagian orang yang ada di dalam masjid berasal dari Turki.

BACA JUGA :  Gobel: Lindungi Kepulauan Widi

Seorang anggota Asosiasi Masjid Suleiman di Mariupol yang sedang berlindung di masjid, Ismail Hacioglu, mengatakan masjid itu tidak kena serangan langsung, tapi terbakar, menurut laporan AFP. [vm/ah/voaindonesia]