Selama Januari – April 2023, Baznas Gorontalo Salurkan Santunan Rp2,95 Miliar

GORONTALO, MEDGO.ID – Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Gorontalo merilis data santunan yang sudah mereka keluarkan sepanjang tahun 2023. Sebanyak Rp2,95 Miliar santunan sudah diberikan untuk 8.190 jiwa selama Januari – April.

Santunan terbesar disalurkan di sektor kemanusiaan sebesar Rp1,33 miliar dan ekonomi Rp895 juta. Bidang dakwah dan advokasi Rp316 juta, pendidikan Rp302 juta serta kesehatan Rp113 juga.

“Dari nilai tersebut kami mencatat mustahik penerima sebanyak 8.190 jiwa. Untuk kemanusiaan ada 7.332 jiwa sisanya untuk bidang yang lain”, kata Wakil Ketua III Bagian Pengelolaan dan Perencanaan Keuangan Baznas Gorontalo Irfan Akadji.

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan di Leato Selatan, Enam Orang Diamankan Polisi

Penyaluran santunan sepanjang tahun 2023 terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan total penerimaan di periode yang sama yang hanya sekirar Rp2,32 miliar. Sumber penerimaan terbesar Baznas berasal dari zakat mall PNS Pemprov Gorontalo yang dipotong dari gaji dan tunjangan setiap bulannya.

Untuk mengakses beragam santunan dari Baznas Provinsi Gorontalo ada beberapa syarat yang sudah ditetapkan. Program ekonomi produktif, pendidikan serta kesehatan diatur syarat syaratnya. Program kemanusiaan diberikan kepada warga yang tertimpa musibah sementara program dakwah dan advokasi untuk bidang keagamaan.