Sebanyak 150 Produk UMKM Semarakkan Bazar Ramadan 2024 di Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Kota Gorontalo kembali diramaikan oleh kehadiran 150 produk dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang turut serta dalam Bazar Ramadan 2024. Berbagai produk kreatif dan inovatif, mulai dari olahan pangan, kerajinan, fashion, hingga berbagai jenis makanan takjil, menjadi daya tarik utama acara yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, pada Sabtu (16/3/2024).

Bazar Ramadan yang merupakan penyelenggaraan tahun kedua ini diinisiasi oleh Bank Indonesia dengan kolaborasi bersama Bareksa, Perumda, dan Konteks Provinsi Gorontalo. Menyandang tema “Indahnya Kebersamaan Ramadan”, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk UMKM, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat kebersamaan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Dalam keterangannya, Dian Nugraha, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam pengembangan UMKM serta mampu meningkatkan omzet dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kredit Mobil Gorontalo

“Pentingnya keberlangsungan acara ini setiap tahunnya, seiring dengan kesuksesan tahun sebelumnya yang berhasil menarik 3 ribu pengunjung dengan partisipasi 100 pelaku UMKM dan omzet mencapai Rp770 juta,” tutur Dian.

Tahun ini, jumlah peserta UMKM yang turut serta meningkat menjadi 150, termasuk di antaranya peserta kurasi UMKM yang akan dibina oleh Bank Indonesia, Dekranasda, dan Diskumperindag Provinsi Gorontalo. Hal ini menunjukkan antusiasme dan minat yang terus berkembang dari para pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform seperti bazar Ramadan untuk mempromosikan produk-produk mereka.

BACA JUGA :  Wali Kota Gorontalo Ingatkan Pegawai untuk Tidak Menambah Libur Setelah Cuti Bersama

Selain menampilkan berbagai produk UMKM, bazar ini juga menyediakan panggung bagi pengunjung yang memiliki bakat dalam bidang musik, kesenian, dan lainnya. Bahkan, di arena ini juga diselenggarakan berbagai lomba yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan menunjukkan potensi serta kreativitas mereka.

BACA JUGA :  Tingkatkan Semangat Kebersamaan, Wali Kota Gorontalo Sambut Gebyar Semarak Ketupat

Sementara itu, Kepada Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge menambahkan dukungan dan fasilitas bagi para pelaku UMKM, semakin memperkuat infrastruktur ekonomi lokal dan memberikan dorongan bagi pertumbuhan sektor UMKM di Gorontalo.

BACA JUGA :  Tangis Merlan Uloli Pecah Saat Sambut Mantan Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Lapas Gorontalo

“Dengan kerjasama antara pemerintah, lembaga keuangan, dan pelaku UMKM, diharapkan Bazar Ramadan 2024 ini akan menjadi momentum yang berharga dalam mengembangkan ekonomi lokal, mempererat kebersamaan masyarakat, serta mempromosikan potensi dan keberagaman produk UMKM di Gorontalo,” tandasnya. (IH)