Hebitren Gorontalo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal dengan Prinsip Syariah

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dalam upaya memperkuat ekonomi lokal dengan prinsip-prinsip syariah, Pengurus Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Gorontalo telah mengambil langkah-langkah strategis.

Acara pelantikan pengurus Hebitren di Galeri UMKM perwakilan Bank Indonesia Gorontalo pada Jumat (12/3/2024) menjadi panggung untuk mengumumkan komitmen ini.

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menegaskan, kerjasama antara Hebitren Gorontalo dengan lembaga keuangan seperti Bank Indonesia serta instansi terkait lainnya sangat penting.

Kredit Mobil Gorontalo

“Dengan sinergi yang kuat, kita dapat menggerakkan ekonomi lokal berbasis syariah dan memberikan dorongan besar pada sektor pertanian dan kelautan di wilayah ini,”ujar Penjagub Ismail Pakaya.

Selain itu, fokus juga diberikan pada peran pesantren dalam pembangunan ekonomi. “Pengurus Hebitren Gorontalo harus memperkuat kolaborasi antar pesantren, terutama dalam sektor-sektor strategis seperti pertanian dan koperasi. Ini adalah langkah penting menuju pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah,” jelas Ismail

BACA JUGA :  Inpres Jalan Daerah di Gorontalo Diresmikan Presiden Jokowi

Pengurus Hebitren Gorontalo juga memiliki agenda untuk mendukung UMKM di wilayah tersebut. Mereka berencana untuk mempromosikan produk-produk lokal, seperti gula merah, minyak kelapa, madu, dan kerajinan tradisional. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan potensi ekonomi lokal serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Ini yang Dibahas Rachmat Gobel Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Gorontalo

Dalam konteks ini, Penjagub juga menyerukan solidaritas seluruh masyarakat Gorontalo. “Dengan memanfaatkan sumber daya manusia secara optimal dan bersatu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, Gorontalo dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam pengembangan ekonomi lokal,”* tambahnya.

BACA JUGA :  Calon Gubernur Gorontalo Diharapkan Mampu Mengatasi Tantangan Kompleks

Sementara itu, Ketua DPP pusat Hebitren, KH Hasib Wahab Hasbullah, yang turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, menyatakan dukungannya terhadap visi pengembangan ekonomi berbasis syariah di Gorontalo.

“Kami berkomitmen untuk mendukung langkah-langkah pengurus Hebitren Gorontalo dalam memperkuat ekonomi lokal dengan memegang teguh nilai-nilai syariah,” katanya.

Demikianlah komitmen Hebitren Gorontalo dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan prinsip syariah, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Gorontalo secara keseluruhan.