Rest Area Di Ruas Tol Brebes-Solo Bikin Mudik Makin Asyik

Semarang, medgo.id – Idhul Fitri 1445 H/2024 M tinggal hitungan hari dan aktivitas persiapan untuk mudik juga sudah mulai terasa.

Pemerintah memperkirakan puncak mudik Idhul Fitri 1445 H/2024 M akan terjadi pada hari Minggu (6/4/2024).

Bagi para pemudik yang akan pulang kampung menggunakan mobil pribadi ataupun yang menggunakan angkutan umum dan melalui jalan Tol Trans Jawa, untuk menghilangkan penat, alangkah bijaksananya jika beristirahat lebih dahulu agar badan kembali fresh dan bugar.

Kredit Mobil Gorontalo

Di Jawa Tengah, di ruas tol Brebes – Solo, ada beberapa rest area yang representatif karena tidak hanya sebagai sekadar tempat istirahat namun tapi juga menawarkan suasana yang berbeda.
Mulai dari spot foto, wahana permainan, kuliner, UMKM, dan masjid, serta sarana prasarana yang ramah bagi kaum difabel.

Di bawah ini ada daftar lima rest area di ruas Tol Brebes – Solo yang recommended yang sangat sayang jika tidak disinggahi.

BACA JUGA :  Korlantas Polri Berlakukan Sistem Satu Arah Arus Balik Idhul Fitri 2024

1. Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan.
Rest Area KM 260B ini dikenal dengan sebutan “Rest Area Heritage-Banjaratma”, karena yang digunakan adalah pabrik gula Banjaratma, dimana di setiap sudut menawarkan spot unik dari bangunan.

Selain memiliki tempat makan yang beragam, rest area ini juga memiliki spot foto menarik, seperti tungku dan mesin gilas bekas pabrik gula, hingga wahana permainan seluncuran warna-warni yang disebut “Srodotan Donat”.

Tak kalah menariknya, di rest area ini juga ada pusat belanja UMKM Batik asli Jawa Tengah.

2. Rest Area KM 360B, Jalan Tol Semarang-Batang.
Rest Area KM 360B merupakan salah satu rest area terbesar yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business. Tak perlu diragukan lagi, tempat ini memiliki fasilitas komplit seperti toilet, parkiran kendaraan besar, masjid, UMKM, pujasera, SPBU, mini zoo, kolam, dan taman bermain anak. Di rest area ini juga memiliki pengolahan sampah plastik yang mendukung konsep Go Green.

BACA JUGA :  Pasokan Minim Harga Bawang Merah Tembus 70 Ribu Per Kilogram

Kelebihannya, rest area ini berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap.

3. Rest Area KM 429, Jalan Tol Semarang-Solo.
Rest Area KM 429 memiliki banyak fasilitas dan berbagai macam kuliner khas daerah. Para pemudik dapat menikmatinya sembari melihat pemandangan panorama gunung Ungaran.

Di rest area ini juga memiliki masjid megah dengan kubah modern bulat berwarna merah dan corak kuning emas. Pada tahun 2019 Kementerian PUPR memberikan gelar sebagai “Rest Area Terbaik” yang memiliki fasilitas lengkap, salah satunya terdapat studio mini sebagai pusat informasi.

4. Rest Area KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo.
Rest Area KM 456 dikenal dengan sebutan Resta Pendopo. Tempat ini dapat terbilang sebagai rest area yang unik, dikarenakan memiliki “Sky Bridge” atau jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan ruas kiri jalan tol.

BACA JUGA :  Tradisi Unik Warga Desa Sruni

Memiliki pemandangan gunung dan sawah membuat pengunjung dapat beristirahat dengan santai sembari menikmati udara segar. Bangunan di rest area KM 456 ini sekilas seperti arsitektur estetik yang terlihat di mal.

5. Rest Area KM 487, Jalan Tol Semarang-Solo.
Rest Area KM 487 dikenal dengan nama “Rest Area Bale Nglaras”. Terletak di Kabupaten Boyolali, di depan rest area terdapat patung sapi sebagai ikon dari Kota Susu.

Memiliki rooftop atau teras di atas membuat rest area ini menjadi unik. Para pengunjung dapat menikmati suasana sejuk saat sunrise maupun saat sunset. Tempat ini juga memiliki beragam fasilitas seperti area parkir untuk kendaraan kecil dan besar, toilet, masjid, pujasera, serta gerai ATM.

Itulah lima rest area yang ada di ruas tol Brebes-Solo, Jawa Tengah, yang akan menjadikan perjalanan mudik anda semakin mengasyikan.