PJ Gubernur Jateng: Layanan Mudik Di Jateng Dalam Kondisi Mantap

Surakarta, medgo.id – Jelang Idhul Fitri 2024 yang diperkirakan jatuh pada 10 atau 11 April 2024, Kamis (4/4/2024), Penjabat (PJ) Gubernur Jateng, Nana Sudjana, melakukan monitoring layanan pemudik di Terminal Tirtonadi, Solo, dengan didampingi oleh Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi, dan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Saat melakukan monitoring di Terminal Tirtonadi, Nana mengatakan bahwa layanan mudik di Jateng dalam kondisi mantap, dan di Terminal Tirtonadi juga disediakan fasilitas cek kesehatan bagi pengemudi dan kru bus untuk memastikan kondisi pengemudi sehat, sehingga siap melayani pemudik.

“Ini sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, setiap pengemudi dan kernet harus menjalani tes kesehatan dari tes mata, gula darah, tekanan darah, dan kalau yang sakit dilarang mengoperasionalkan bus”, tandas Nana.

Kredit Mobil Gorontalo

Selain itu, lanjut Nana, juga dilakukan ramp check untuk memastikan kelayakan dari armada bus, baik armada yang melayani dalam provinsi maupun antarprovinsi.

Terkait dengan trayek angkutan lebaran, Nana menyampaikan ada 40 trayek yang melayani angkutan antar provinsi yang dioperasionalkan 75 perusahaan otobus. Kemudian untuk angkutan dalam provinsi terdapat 16 trayek, yang dioperasionalkan 25 perusahaan otobus.

BACA JUGA :  Korlantas Polri Berlakukan Sistem Satu Arah Arus Balik Idhul Fitri 2024

“Pada hari biasa, bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi mencapai 500 armada. Sedangkan untuk arus mudik 2024, diperkirakan 1.000 bus akan masuk ke terminal Tipe A itu”, terang Nana.

BACA JUGA :  Pasokan Minim Harga Bawang Merah Tembus 70 Ribu Per Kilogram

Lebih lanjut, Nana mengungkapkan bahwa Posko mudik mulai beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Idhul Fitri.

“Kami yakin untuk Terminal Tirtonadi mampu melayani pemudik. Pemerintah memprediksi puncak arus mudik jatuh pada 6 April 2024″, pungkas Nana. (*17).