Program KUR Agkat Derajat UMKM dan Petani

Bonebol,(MEDGO.ID)- Aleg DPRD Kabupaten Bone Bolango Erik D. Sabubu mengatakan  perbankan sangat diakui telah banyak bantu para UMKM dan petani dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kredit Usaha Rakyat begitu luar biasa menyentuh lapisan masyarakat, akan tetapi penerima dapat ditambah,” kata Erik. Menurut Erik apa yang telah dilaksanakan perbankan ini, salah satu target Kementerian Koperasi maupun UMKM dan kementerian Pertanian ( Kementan) dalam pembiayaan untuk kemudahan akses Kredit Usaha Rakyat ( KUR).

BACA JUGA :  Dekranasda Gorontalo Permantap Kesiapan Pelaksanaan IFW 2023

“KUR bisa menjadi stimulus dan dapat mengangkat derajat UMKM dan Petani dalam percepatan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khsusnya di Kabupaten Bone Bolango,” kata Politisi Gerindra ini .

Desain usaha pertanian kata Erik akan dikelompokkan dengan skema produksi hulu hingga hilir. Dengan pinjaman KUR, petani bisa membeli sarana produksi seperti pupuk atau keperluan olah tanam.

BACA JUGA :  Dekranasda Gorontalo Permantap Kesiapan Pelaksanaan IFW 2023

“Kami berharap khususnya pertanian ini terkoneksi di wadah usaha atau korporatisasi sehingga tercapai skala ekonomi. Dengan demikian potensi nominal usaha tani yang dibiayai jauh lebih besar. Harapan kami terakhir, petani juga dapat membeli saprodi melalui perbankan. Kami juga ingin agar suku bunganya tidak melebihi 6 persen,”kata Erik.(Adv)

BACA JUGA :  Dekranasda Gorontalo Permantap Kesiapan Pelaksanaan IFW 2023