Pemkot Kotamobagu Belajar Administrasi dan Pelayanan Publik di Bone Bolango

Bonebol, MEDGO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melaksanakan kunjungan kerja dan silaturahmi di Kabupaten Bone Bolango, Rabu (1/2/2023).

Dibawah pimpinan langsung Walikota Kotamobagu, Tatong Bara dan Sekretaris Daerah, Sofyan Mokoginta, 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 4 Camat belajar terkait administrasi dan pelayanan publik di Kabupaten Bone Bolango.

Walikota Tatong Bara mengungkapkan dirinya tertarik atas berbagai prestasi yang diraih oleh Kabupaten Bone Bolango sehingga bisa mengantarkan menjadi Kabupaten Maju di Provinsi Gorontalo.

Kredit Mobil Gorontalo

“Kami ingin terus memperkaya ilmu diusia kami yang telah memasuki 16 tahun agar menjadi maju dengan 123 ribu penduduk yang dibagi dalam 4 kecamayan,15 desa dan 18 kelurahan,”ungkap Tatong.

Tatong juga ingin meraih prestasi Sakip BB sama halnya dengan Kabupaten Bone Bolango yang dalam penilaian kemarin hanya terpaut nol koma sekian persen dibawah Kabupaten yang kemarin baru saja memasuki usia 20 tahun itu.

BACA JUGA :  Pj Bupati Nizhamul : TNI Berkontribusi dalam Pembangunan

“Saya akan minta seluruh OPD untuk bisa menggali segala ilmu agar apa yang dicapai oleh Bone Bolango bisa menjadi rujukan pembangunan di Kota Kotamobagu. Selain itu kami juga ingin belajar pemberdayaan wiarausaha,”ujar Tatong.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

Tatong juga menggambarkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kotamobagu sebesar 90 miliar yang tidak sekaya dengan Kabupaten Bone Bolango. Sementara untuk pertumbuhan ekonomi, ia menambahkan berada pada angka4 persen, Indeks Pembangunan Manusia 73 persen dan angka kemiskinan terendah nomor 2 di Sulawesi Utara sebesar 5 persen.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang menerima langsung kunjungan kerja dan silaturahmi dari Pemkot Kotamobagu mengaku sangat bergembira menyambut kedatangan rombongan Pemkot Kotamobagu.

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengatakan berbagai prestasi yang diraih oleh daerah yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati, Merlan S. Uloli itu berkat efisiensi yang terus dilakukan ditengah keterbatasan fiskal daerah.

BACA JUGA :  Jelang Berangkat, Jemaah Calon Haji Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

“Kita disini serba efisien. Perjalanan dinas dimasing-masing OPD pun tidak lebih dari 100 juta rupiah. Namun itu bisa kami buktikan dengan raihan prestasi WTP 9 tahun terakhir, Sakip BB, Kabupaten maju di Provimsi Gorontalo, pungkasnya.

Dijadwalkan besok rombongan Pemerintah Kota Kotamobagu akan meninjau langsung Mall Pelayanan Publik sebagai pusat pelayanan publik di Bone Bolango dan Wisata Hiu Paus. (Adv/IH)