Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Ditargetkan Rampung di Tahun 2024

Bonebol, MEDGO.ID – Pembangunan Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo semakin mendekati titik terang dengan target penyelesaian akhir tahun ini. Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, menyampaikan keyakinannya bahwa proyek ini akan berhasil diselesaikan tepat waktu.

Saat meninjau proyek tersebut di Desa Tuloa, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango pada Sabtu (16/3/2024), Ismail Pakaya menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan proyek tersebut sesuai target yang telah ditetapkan.

“Dengan semangat dan kerja keras bersama, kami optimis pembangunan Bendungan Bulango Ulu akan selesai akhir tahun ini. Kami berharap proyek ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sebelum beliau meninggalkan masa jabatannya,” ungkap Penjabat Gubernur Ismail Pakaya dengan penuh keyakinan.

Kredit Mobil Gorontalo

Namun, meskipun proyek ini menunjukkan kemajuan yang positif, masih ada beberapa kendala yang harus diatasi, terutama terkait pembebasan lahan. Ismail Pakaya mengungkapkan bahwa beberapa bidang tanah masih harus dibebaskan, dengan sebagian dana pembiayaan sudah dititipkan di pengadilan atau sedang dalam proses penyelesaian administratif.

Proyek ini juga berdampak pada beberapa fasilitas pendidikan, seperti SMA Negeri 1 Bulango Ulu dan beberapa sekolah dasar dan menengah lainnya. Terhadap fasilitas-fasilitas ini, pemerintah setempat sedang mencari lahan pengganti untuk membangun gedung-gedung sekolah baru.

BACA JUGA :  Dinas Pariwisata Diminta Danai Tradisi Pacuan Kuda di Yosonegoro

“Segera dicarikan lahan untuk membangun kembali sekolah oleh Kementerian PUPR. Kita hanya mencari lokasinya saja. Intinya untuk aset milik pemerintah yang ada di lokasi ini akan dicarikan lahan penggantinya, kalau ada bangunan akan dibangunkan yang baru,” jelasnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Semangat Kebersamaan, Wali Kota Gorontalo Sambut Gebyar Semarak Ketupat

Selain itu, proyek ini juga membutuhkan pengadaan tanah sebanyak 1.723 bidang dengan luas 1.196 hektar. Meskipun angka tersebut cukup besar, namun sebagian besar sudah berhasil diperoleh, dengan luas mencapai 1.161 bidang atau setara dengan 781 hektar.

Peninjauan proyek ini juga melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, Parlinggoman Simanungkalit, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dari Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. Setelah peninjauan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, salat Magrib, Isya, dan tarawih berjemaah, menunjukkan semangat kolaboratif dalam menyelesaikan proyek ini.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Bertolak ke Gorontalo untuk Kunjungan Kerja

Dengan harapan yang tinggi dan kerja keras yang terus dilakukan, proyek Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo semakin mendekati pencapaian targetnya. Semua pihak berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini dengan sukses, membawa manfaat yang besar bagi masyarakat setempat serta pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.