Pelaku Pariwisata Di Kabupaten Kendal Ikuti Sosialisasi Program Bersinar

Kendal, medgo.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah ( BNNP Jateng), melakukan sosialisasi program Bersih Narkoba atau program Bersinar bagi para pelaku pariwisata di Kabupaten Kendal, Selasa (27/2/2023), di Resto Aldila Kendal.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Agus Rohmat, menyampaikan bahwa peredaran dan penyalahgunaan narkoba sudah meluas di seluruh wilayah Jateng bahkan hingga ke desa-desa, sehingga sangat perlu dilakukan adanya upaya pencegahan berupa pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi pengguna narkoba serta penegakan hukum baik tindak pidana narkotika maupun tindak pidana pencucian uang.

“Untuk pencegahan dan memerangi peredaran narkoba tidak mungkin bisa dilakukan hanya oleh BNN, Polri dan pemerintah daerah, namun harus ada peran serta dari seluruh lapisan masyarakat termasuk dari para pelaku pariwisata”, terang Brigjen Pol Agus Rohmat.

Kredit Mobil Gorontalo

Brigjen Pol Agus Rohmat mengemukakan bahwa daerah yang memiliki destinasi wisata sudah tentu akan banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari daerah lain sehingga potensi masuknya hal-hal negatif seperti penggunaan dan peredaran narkoba sangat terbuka.

“Para pengelola destinasi wisata harus berperan aktif dalam pencegahan dan peredaran narkoba sehingga destinasi wisata yang dikelola bersih dari narkoba”, tandas Brigjen Pol Agus Rohmat.

BACA JUGA :  Jumlah Pengunjung Meningkat Polres Kendal Lakukan Patroli dan Pengamanan Di Objek Wisata Pantai

Brigjen Pol Agus Rohmat juga mengemukakan bahwa di wilayah Jawa Tengah peredaran narkoba yang terbesar ada di tiga daerah yakni di Kota Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA :  Jumlah Pengunjung Meningkat Polres Kendal Lakukan Patroli dan Pengamanan Di Objek Wisata Pantai

“Jenis narkoba yang paling banyak disalahgunakan antara lain Ganja, Sabu-Sabu, dan Ekstasi”, tandas Brigjen Pol Agus Rohmat.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Ircham Chalid, mengatakan bahwa sosialisasi terhadap para pelaku pariwisata di Kabupaten Kendal memang belum seluruh mendapatkan sosialisasi tentang penyalahgunaan dan bahaya narkoba di daerah tujuan wisata.

BACA JUGA :  Jumlah Pengunjung Meningkat Polres Kendal Lakukan Patroli dan Pengamanan Di Objek Wisata Pantai

“Di sebagian daerah tujuan wisata di Kabupaten Kendal seperti Pantai Indah Kemangi dan Curug Sewu, dimana para pengelolanya sudah secara intens melakukan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba”, terang Ircham.

Lebih lanjut, Ircham mengemukakan ada lima pengelola daerah tujuan wisata yang mendapatkan penghargaan dari BNNP Jateng yakni Pantai Indah Kemangi Kecamatan Kangkung, Curug Sewu Kecamatan Patean, Pantai Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari, Pantai Ngebum Kecamatan Kaliwungu dan Water Six Kecamatan Weleri.