Pansus DPRD Gorontalo Telusuri Aset di Setiap OPD

Bonebol, MEDGO.ID – Panitia Khusus (Pansus) aset DPRD Provinsi Gorontalo akan memulai penelusuran terhadap aset-aset pemerintah di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketua Pansus, AW Thalib, mengumumkan bahwa kegiatan ini akan dimulai besok, dan pihaknya akan mengunjungi setiap OPD untuk mengidentifikasi dan memverifikasi aset yang dimiliki.

BACA JUGA :  Jelang HUT Bhayangkara Ke-78,Polresta Gotontalo Kota Gelar Turnamen Mini Soccer Kapolresta Cup III

Thalib menjelaskan bahwa tujuan dari penelusuran ini adalah untuk memastikan semua aset telah tercatat dalam Kartu Identitas Barang (KIB). “Dalam rapat tadi, kami menemukan banyak aset yang belum terdaftar di KIB, yang berarti aset tersebut belum diakui secara resmi sebagai milik pemerintah provinsi,” ujarnya. Hal ini menyebabkan aset-aset tersebut tidak muncul dalam neraca tahunan pemerintah.

Selain itu, Pansus juga akan menyelidiki aset-aset yang saat ini tidak dikuasai oleh pemerintah dan mungkin dikuasai oleh pihak lain. Beberapa aset, seperti sekolah dan lahan pacu di Bandara Djalaludin, masih dalam sengketa hukum. Ada juga aset yang telah dialihfungsikan menjadi properti komersial, seperti Indomaret.

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan di Leato Selatan, Enam Orang Diamankan Polisi

“Kami akan menelusuri semua masalah ini dan memberikan rekomendasi yang diperlukan kepada pemerintah,” tegas Thalib. Penelusuran ini diharapkan dapat membantu pemerintah provinsi dalam mengelola dan memanfaatkan aset secara lebih efektif dan akuntabel.