O2SN Kota Gorontalo Resmi Dibuka, Plh. Wali Kota: Mendorong Kecerdasan dan Prestasi Siswa

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Gelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Gorontalo resmi dimulai hari ini, dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid. Upacara pembukaan berlangsung meriah dan penuh semangat di hadapan para siswa dan guru yang hadir. Ismail Madjid, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, menekankan pentingnya O2SN sebagai ajang pengembangan potensi siswa.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, O2SN tingkat Kota Gorontalo saya buka secara resmi,” ujar Ismail dalam pidatonya yang penuh antusiasme.

Fokus pada Empat Aspek Penting

Dalam sambutannya, Ismail menjelaskan bahwa O2SN tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana penting untuk mengembangkan empat aspek utama kecerdasan siswa. Aspek-aspek tersebut adalah:

1. Olah Hati (Cerdas Spiritual): Pengembangan nilai-nilai moral dan spiritual yang membantu siswa menjadi individu yang berkarakter.
2. Olah Pikir (Cerdas Intelektual): Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif, yang sangat penting untuk prestasi akademik.
3. Olah Rasa (Cerdas Emosional dan Sosial): Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola emosi dan membangun hubungan sosial yang sehat.
4. Olahraga (Cerdas Kinestetik): Mengembangkan keterampilan fisik dan kemampuan atletik yang diperlukan untuk berkompetisi di bidang olahraga.

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan di Leato Selatan, Enam Orang Diamankan Polisi

“Keempat aspek ini adalah fondasi untuk mencapai prestasi yang tidak hanya akademik tetapi juga non-akademik,” kata Ismail.

Mencetak Atlet Berprestasi

Ismail mengungkapkan harapannya agar O2SN dapat menjadi tempat lahirnya atlet-atlet unggulan yang akan membawa nama baik Kota Gorontalo di tingkat nasional dan internasional. Ia menyebut Zaskia Saluran Putrite sebagai contoh inspiratif. Zaskia, seorang atlet karate, akan bertanding di Kejuaraan South Asian Karate Federation Championship di Thailand, setelah sebelumnya meraih medali emas di ajang yang sama.

BACA JUGA :  Festival dan Lomba Burung Berkicau Nani Wartabone Cup I di Gorontalo: Menguatkan Silaturahmi Penghobi Burung se-Sulawesi

“Prestasi yang diraih Zaskia adalah bukti nyata dari potensi yang bisa digali dan dikembangkan melalui kegiatan seperti O2SN ini,” ujar Ismail bangga.

Ajang Pembuktian Potensi

O2SN Kota Gorontalo akan berlangsung selama tiga hari, dan diharapkan menjadi ajang pembuktian potensi bagi seluruh siswa yang berpartisipasi. Kegiatan ini diadakan secara terbuka dan diikuti oleh siswa dari berbagai sekolah di Kota Gorontalo.

BACA JUGA :  Pembangunan Kanal Tanggidaa, Pemprov Gorontalo Sepakat Pengalihan Rute Kendaraan Kontainer

Dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, O2SN Kota Gorontalo tahun ini diharapkan dapat melahirkan para juara yang tidak hanya unggul dalam kompetisi tetapi juga memiliki kecerdasan yang komprehensif sesuai dengan empat aspek yang ditekankan.

Ismail menutup sambutannya dengan dorongan semangat bagi semua peserta, “Mari kita manfaatkan O2SN ini untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kita. Semoga kita bisa membawa nama baik Kota Gorontalo hingga ke panggung nasional dan internasional,” tutupnya. (Adv/IH)