Manfaat Puasa Syawal, Tidak Hanya Berpahala Namun Untuk Kesehatan

Manfaat Puasa Syawal, Tidak Hanya Berpahala Namun Untuk Kesehatan
pexels.com

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada Ramadhan, akan lebih baik lagi jika kita mengetahui manfaat puasa syawal selama 6 hari setelah bulan Ramadhan.

Ibadah puasa yang kita jalani di bulan penuh berkah ini akan menemui bulan Syawal atau kemenangan. Tapi tahukah anda tentang hadits mengenai anjuran puasa dalam bulan Syawal tersebut.

Setelah meraih kemenangan 1 Syawal yang di mana kita tidak boleh lagi berpuasa. Pada hari kedua Syawalnya, kita sudah boleh lagi untuk berpuasa.

Itu yang disebut  dengan puasa Syawal. Dalam hadits yang menganjurkan adanya puasa tersebut berjumlah 6 hari.

Manfaat Puasa Syawal, Tidak Hanya Berpahala Namun Untuk Kesehatan
pexels.com

Segudang Manfaat Puasa Syawal

Melaksanakan puasa Syawal sebenarnya merupakan sunnah. Hukum yang jika dilaksanakan mendapatkan pahala, namun apabila tidak juga tidak berdosa.

Pahala Seperti Berpuasa Satu Tahun

Puasa Syawal ini merupakan anjuran yang apabila dikerjakan sama saja mendapat ganjaran setimpal dengan berpuasa selama satu tahun penuh.

Berpuasa dalam bulan ini memang memiliki banyak godaan karena rumah sedang dalam kondisi berbahagia meraih kemenangan.

Penyempurna Puasa Sebelumnya

Manfaat puasa Syawal ini merupakan penyempurna puasa sebelumnya. Apabila saat menjalankan puasa Ramadhan, anda sering terjadi hal yang membuat makruh atau tidak sempurna, maka berpuasalah Syawal.

Sama halnya ketika melaksanakan puasa Syaban serta shalat rawatib qobliyah dan ba’diyah. Dalam melakasanakan ibadah wajib, akan anda sempurnakan dengan amalan sunnah yang satu ini.

Dalam Rangka Syukur

Manfaat puasa Syawal juga merupakan dalam rangka syukur kepada Allah SWT. Menemui bulan Ramadhan merupakan berkah yang luar biasa, nikmat di mana kita memohon ampun atas segala dosa.

Dalam mengerjakan puasa yang satu ini sama saja mendekatkan atas diri kepada yang maha kuasa. Pahala pada bulan Ramadhan akan berlanjut dengan mengerjakan puasa Syawal yang ganjarannya selama satu bulan penuh.

Penyelamat di Hari Akhir

Dengan melaksanakan ibadah sunnah, Nabi Muhammad SAW pernah berkata. Akan adanya pembelaan pada hari akhir mengenai umatnya yang melaksanakannya.

Semua amalan tercatat akan mendapat ganjaran sesuai dan balasan yang tepat. Mempersiapkan diri dengan melaksanakan amalan wajib sertai dengan amalan sunnah.

Kontrol Emosi

Manfaat yang satu ini juga kita rasakan dalam proses ibadah puasa Ramadhan. Namun ketika kita meneruskannya pada bulan Syawal akan lebih baik lagi.

Kontrol emosi yang terbiasa akan semakin baik dengan kebiasaan yang diperpanjang. Hal ini akan menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Kesehatan Jasmani

Manfaat puasa Syawal tidak hanya dalam masalah rohani, namun juga jasmani. Ketika berpuasa kesehatan pencernaan kita akan lebih baik.

Mencegah terjadinya hal yang berlebih dan dalam konsumsi makanan. Biasanya ketika Idul Fitri orang akan cenderung balas dendam untuk urusan makanan.

Dengan mengerjakan puasa pada Syawal, maka akan lebih mengontrol konsumsi batas wajar. Tenaga medis bahkan sudah mengatakan bahwa ibadah Islam yang satu ini merupakan solusi untuk membiasakan kembali.

Setelah terbiasa untuk berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan pencernaan akan mengalami pembiasaan. Maka akan lebih baik jika melaksanakan ibadah sunnah yang satu ini.

Manfaat puasa Syawal tidak hanya masalah pahala yang akan anda dapatkan dan keutamaannya. Namun juga baik dalam masalah kesehatan tubuh, emosi dalam diri anda.

Berbagai manfaat keutamaan menjalankan puasa ini akan membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika anda belum menunaikan puasa Syawal ini sebelumnya, akan lebih baik jika melaksanakan dalam tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here