Keutamaan Membaca Qur’an Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Keutamaan Membaca Qur'an Bulan Ramadhan
Membaca Al-Qur'an Dibulan Ramadhan Bagi Umat Islam merupakan sebuah kesempatan meraih rahmat

Keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan sangat banyak sekali. Selain mendapatkan pahala, dengan membaca Qur’an dapat menjadikan sebagai obat hati dan juga fisik. Terlebih lagi ketika bulan Ramadhan seperti saat ini. Pahala yang diberikan Allah SWT sangat berlipat lipat.

Keutamaan Membaca Qur'an Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim
kaltim.tribunnews.com

Simak Keutamaan Membaca Qur’an Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Banyak hadits yang menerangkan bahwa selama bulan Ramadhan pahala akan dilipat gandakan. Oleh sebab itu, manfaatkan bulan Ramadhan untuk memperbanyak amalan, salah satunya dengan membaca Qur’an.

Allah SWT juga berjanji bahwa orang yang membaca Qur’an akan berkumpul bersama para malaikat dalam akhirat nanti. Pahala membaca Qur’an juga akan semakin bertambah jika sampai mampu membaca 100 ayat dalam satu malam.

BACA JUGA :  PP Muhamadiyah Tetapkan Idhul Fitri 1442 H, Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Siapa saja yang mampu membaca 100 ayat pada suatu malam, akan tertulis baginya pahala shalat sepanjang malam.” (H.R Ahmad).

Dari hadits tersebut dapat menunjukan bahwa betapa besarnya keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan lain dalam membaca Qur’an.

Sebagai Obat Hati dan Fisik

Dalam Islam dikenal sebuah cara untuk mengobati diri yang disebut ruqyah. Dalam proses ruqyah, bacaan yang digunakan tentunya bacaan ayat suci Al-Qur’an.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur’an suatu yang dapat menjadi obat (penyakit) dan rahmat bagi orang-orang beriman.” (QS Al-Israa’:82)

Mendapatkan Pahala dan Kebaikan yang Berlipat

Keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan yang lain yaitu dengan membaca Qur’an, akan mendapatkan banyak sekali hikmah yang ada di dalamnya, sehingga dapat menjadi sebuah petunjuk jalan kebenaran.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Pada saat seseorang membaca Qur’an, bacaan dari ayat suci itu akan mampu menjadikan seseorang menjadi lebih positif. Karena sesungguhnya Qur’an itu adalah pedoman bagi umat muslim.

Lalu juga terdapat banyak sekali kebaikan. Terlebih jika seseorang dapat membaca Qur’an dengan rutin, maka pahala yang akan ia dapatkan berlipat ganda.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf saja dari Al-Qur’an, maka dia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan tersebut akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf saja. Tetapi alif satu huruf, lam satu huruf serta mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

BACA JUGA :  PP Muhamadiyah Tetapkan Idhul Fitri 1442 H, Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Maka dari itu, dengan rutin membaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan dengan pahala yang berlipat-lipat. 

Menjadikan Rumah Bercahaya

Suatu tempat atau rumah yang sering membaca Qur’an, maka rumah tersebut akan telihat bercahaya. Rumah tersebut juga akan memberikan suasana tenang dan damai.

Dalam sebuah hadits juga meriwayatkan bahwa dalam rumah yang membaca surat Al-Baqarah, maka setan tidak akan masuk ke dalamnya.

Tidak Akan Sesat dan Celaka

Al-Qur’an sebagai petunjuk sehingga tidak akan membuat manusia tersesat hingga celaka. Dengan memperbanyak membaca Qur’an, Allah SWT akan selalu memberikan perlindungan dan menghindarkan dari celaka. Terlebih lagi keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan pahala yang Allah SWT berikan berlipat ganda.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Ibnu Abbas RA berkata, “Allah SWT memberikan jaminan bagi orang yang membaca Al-Qur’an serta mengamalkan kandungan di dalamnya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia serta tidak akan celaka di akhirat (kelak).”

Sebagai Penolong di Akhirat

Banyak membaca Qur’an akan mendatangkan banyak kemuliaan bagi yang rutin membaca serta mengamalkannya. Tidak hanya kemuliaan di dunia, namun di akhirat kelak Qur’an dapat menjadi syafaat atau penolong.

Dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa pada hari akhir nanti Al-Qur’an akan datang dan menjadi saksi di hadapan Allah SWT untuk umat muslim yang rajin membacanya.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Dengan kesaksian Al-Qur’an inilah, seorang muslim yang gemar membaca Qur’an akan Allah berikan kemuliaan di akhirat kelak. Oleh sebab itu, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini perbanyak bacaan Qur’an. Karena keutamaan membaca Qur’an bulan Ramadhan sangat besar manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here