Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Catatan Takdir Satu Tahun ke Depan

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Catatan Takdir Satu Tahun ke Depan
jateng.inews.id

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, malam dimana lebih baik dari malam dengan seribu bulan. Malam yang selalu umat muslim nanti-nantikan pada saat bulan Ramadhan. Meskipun malam Lailatul Qadar sendiri belum diketahui kapan datangnya. Namun umat muslim selalu menanti sejak 10 malam terakhir pada bulan ramadhan.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Catatan Takdir Satu Tahun ke Depan
jateng.inews.id

Belajar Memaknai Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa keutamaan malam tersebut, sehingga banyak umat Islam yang berlomba-lomba beribadah berharap bisa bertemu dengan malam tersebut. Rasulullah SAW pernah memberikan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Malam tersebut hadir pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan pada malam ganjil. Beberapa keutamaan malam ini yang dapat umat muslim maknai.

Malam Diturunkannya Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185, yaitu bahwa pada bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran. Hal ini menjadikan ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa. Karena pada bulan tersebut pertama kalinya Allah SWT menurunkan Al-Quran melalui perantara nabi Muhammad SAW. Sehingga keutamaan malam Lailatul Qadar sangat luar biasa, sebagai saksi Allah SWT ketika menurunkan Al-Quran kitab suci.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Menjadi Malam yang Paling Mulia

Dalam surat Al-Qadr Allah SWT menjelaskan bahwa malam Lailatul adalah malam yang sangat mulia. Malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Sesuai dengan penjelasan dari setiap ayat dari surat Al-Qadr itu sendiri.

Oleh karena itu, maka umat muslim berlomba-lomba untuk dapat bertemu dengan malam tersebut. Dengan selalu memperbanyak beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

Malam yang Lebih Baik dari Malam Seribu Bulan

Tentu sebagai umat muslim sudah tidak asing lagi dengan malam Lailatul Qadar. Malam yang mulia, malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Keutamaan malam Lailatul Qadar yang lain terlihat dari nilai pahala dalam malam tersebut, yaitu lebih baik dari orang yang beribadah selama seribu bulan atau setara 80 tahun.

BACA JUGA :  PP Muhamadiyah Tetapkan Idhul Fitri 1442 H, Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Malam Penetapan Takdir Satu Tahun Ke Depan

Sebagian besar para ulama menerangkan bahwa pada malam Lailatul Qadar, malaikat akan mencatat takdir manusia untuk waktu satu tahun ke depan. Takdir tersebut adalah takdir yang bersifat tahunan, dan tentunya dengan izin Allah SWT. Jika seorang muslim pada malam tersebut memperbanyak ibadahnya, maka takdir satu tahun ke depan untuknya akan berupa takdir yang baik.

Malam Penuh Ampunan

Masih banyak orang-orang yang tidak memanfaatkan malam yang sangat mulia itu untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Padahal pada keutamaan malam Lailatul Qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan. Jika seseorang bertaubat, dan meminta ampunan kepada Allah SWT, maka dosa-dosa di masa lalu tersebut akan Allah SWT ampuni.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menegakkan shalat dalam malam Lailatul Qadar dengan dorongan iman dan mengharap balasan dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i dan Ahmad).

BACA JUGA :  PP Muhamadiyah Tetapkan Idhul Fitri 1442 H, Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Pintu Langit Terbuka

Dalam  bulan Ramadhan Allah SWT memiliki satu malam yang mulia, yang lebih baik dari malam seribu bulan. Kemudian, pada malam tersebut Allah SWT akan membukakan pintu-pintu langit. Pada saat itu para malaikat juga akan turun ke bumi. Maka dari itu, umat muslim harus berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah. Meminta pengampunan atas segala dosa dan kesalahannya. Dan meminta keselamatan serta takdir baik untuk kehidupannya.

Malaikat Turun ke Bumi

Pada saat pintu-pintu langit Allah SWT buka, maka para malaikat-malaikat pun akan turun dari langit. Keutamaan malam Lailatul Qadar tersebut ketika malaikat Jibril dan malaikat lainnya berbondong-bondong turun ke bumi membawa keberkahan, rahmat serta kesejahteraan. Oleh sebab itu, memperbanyak amalan-amalan pada sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan dengan berharap mendapatkan keberkahan dari malam tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here