Mahasiswa Prodi Keperawatan UNG Gelar Penyuluhan di Rutan Mapolda Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Setelah beberapa waktu lalu sukses melaksanakan edukasi dan penyuluhan di SMK Tridharma Gorontalo, tak butuh waktu lama mahasiswa keperawatan semester 4 Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menyelenggarakan agenda yang sama di Rumah Tahanan Mapolda Gorontalo.

Agenda yang diselenggarakan pada Kamis (30/05/2024) iti mengusung tema “Membangun Strategi Koping Terkait Stigma Masyarakat Untuk Kesehatan Mental Para Tahanan”.

Selaku Mahasiswa, Airy Mahsya Elika R. Adam mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengelola terjadinya stress dan kecemasan yang berujung depresi dikalangan tahanan akibat stigma masyarakat.

BACA JUGA :  Pembangunan Pusat Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo Bakal Dibangun Bone Bolango

“Selain itu juga, kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk mengenalkan gejala-gejala yang beresiko mengalami gangguan jiwa, sehingga para tahanan bisa mendeteksi dini jika gejala tersebut dirasakan” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Pengampuh Mata Kuliah Ns, Mihrawaty S. Antu, S. Kep., M. Kep jelaskan, tingkat stress di lingkungan tahanan perlu diberi penanganan untuk mencegah terjadinya depresi yang berakibat bunuh diri.

BACA JUGA :  Ismail Madjid Ditunjuk Sebagai Pejabat Wali Kota Gorontalo

” Hal ini dilakukan untuk mencegah perilaku bersiko terhadap kesehatan mental dari para tahanan. Ingat, masa lalu mungkin tidak bisa diubah, tetapi kita selalu memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.