Adab Berbuka Puasa Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Adab Berbuka Puasa
ucareindonesia.org

Adab berbuka puasa sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, sebaiknya harus segera dan tidak berlebihan. Ramadhan merupakan bulan yang umat Islam tunggu-tunggu. Karena, pada bulan suci ini mempunyai banyak keutamaan, rahmat dan pahala akan berlipat ganda.

Ketika bulan Ramadhan datang, umat Islam menantikan waktu berbuka puasa tiba. Karena berbuka puasa juga merupakan saat-saat berkumpul dengan keluarga untuk menikmati berbuka bersama.

Adab Berbuka Puasa
ucareindonesia.org

Adab Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Umat Islam selalu merindukan datangnya bulan Ramadhan. Pada bulan ini umat Islam wajib berpuasa selama sebulan penuh dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Namun dalam berbuka puasa, hendaknya umat Islam mengikuti adab-adab yang telah Rasulullah SAW biasa lakukan.

Dengan membaca niat puasa yang termasuk salah satu rukun puasa, ibadah berpuasa tidak akan sia-sia dan berpahala. Rasulullah SAW mengajarkan beberapa adab berbuka yang hendaknya kita amalkan agar mendapatkan pahala dan kemuliaannya.

Berdoa Sebelum Berbuka

Adab berbuka puasa yang paling utama adalah membaca doa. Hendaknya berbuka puasa kita manfaatkan sungguh-sungguh dalam bermunajat terhadap Allah. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya dari doa orang berpuasa waktu berbuka itu tak akan ditolak” (HR Ibnu Majah).

Ada beberapa doa berbuka puasa yang Rasulullah sampaikan pada kita dengan kualitas periwayatan yang berbeda-beda. Doa berbuka puasa yang paling populer pada masyarakat sebagai berikut :

“Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu birrahmatika yaa arhamarrohimin”

Artinya : Ya Allah, hanya untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka, dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Berbuka Dengan Kurma

Adab berbuka puasa adalah dengan memakan buah kurma. Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma dan air putih ketika berbuka. Nabi Muhammad SAW bersabda, sebagaimana telah diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi.

“Jika seseorang dari kalian telah berbuka puasa, maka segeralah berbuka dengan kurma. Karena sesungguhnya kurma mengandung berkah. Jika tidak memperoleh kurma,  maka berbukalah dengan air, karena sesungguhnya air itu suci”

Kurma memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Kurma sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan menyehatkan pencernaan. Sedangkan air putih sangat berguna menangkal racun yang ada dalam tubuh.

Berdoa Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, Rasulullah SAW terbiasa berdoa sembari memanjat kan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Doa yang Rasulullah baca setelah berbuka puasa adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi, urat-urat telah basah. Dan insyaallah pahala sudah tetap”

Setelah melakukan adab berbuka puasa, sebaiknya segera melaksanakan shalat Maghrib agar keberkahan puasa kita dapat dengan sempurna.

Menyegerakan Berbuka

Adab berbuka yang pertama kali adalah menyegerakan untuk berbuka. Dalam hadist qudsi, Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan tentang firman Allah yang sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi:

“Sesungguhnya dari hamba-hambaKu yang paling Ku cintai adalah mereka yang senantiasa menyegerakan untuk berbuka puasa.”

Dalam hadis lain juga telah diriwayatkan Sahl bin Sa’d RA bahwa Rasulullah SAW senantiasa menganjurkan umatnya menyegerakan dalam membatalkan puasa ketika waktu berbuka tiba.

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan apabila mereka menyegerakan berbuka puasa.” (HR Bukhari-Muslim).

Itulah beberapa adab berbuka puasa yang sebaiknya kita jalankan, sebagaimana sunnah Rasulullah SAW. Bukan hanya memberikan keberkahan saja, adab berbuka tersebut juga mampu menyempurnakan atas ibadah puasa kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here