Menu Buka Puasa untuk Diet, Jalankan Puasa Lebih Sehat Tubuh Ideal

Menu Buka Puasa untuk Diet
savoirflair.com

Menu buka puasa untuk diet diperuntukkan bagi mereka yang tetap ingin menjaga berat bada selama menjalankan puasa. Berbagai menu tersebut tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi selama menjalankan puasa. Pemilihan menu buka puasa sebenarnya tidak bisa sembarangan bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Meskipun demikian, kalian yang sedang menjalankan program diet tetap harus memenuhi kebutuhan asupan kalori yang cukup saat menjalankan ibadah puasa.

Menu Buka Puasa untuk Diet
savoirflair.com

Inspirasi Menu Buka Puasa untuk Diet

Mempunyai berat badan ideal tentu menjadi idaman bagi sebagian besar orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal. Selama menjalankan puasa Ramadhan, tentu pola makan akan mengalami perubahan. Setiap orang harus menahan lapar lebih dari 12 jam.

Oleh karena itu, sangat perlu adanya asupan kalori yang cukup bagi tubuh, agar tubuh tidak mudah lemas. Akan tetapi, seringkali mengkonsumsi kalori dapat meningkatkan berat badan seseorang.

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, konsumsi kalori terkadang dianggap dapat mengacaukan program diet yang sedang dijalankan. Namun anda tidak perlu khawatir, bagi anda yang tetap menjalankan program diet selama Ramadhan, terdapat menu buka puasa yang cocok untuk diet.

Berikut ini pilihan menu buka puasa untuk diet antara lain:

Menu Takjil

Mengenai menu takjil bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet saat puasa, dapat memulainya dengan segelas teh manis hangat. Anda dapat membuat teh manis hangat dengan penggunaan gula yang tidak terlalu banyak.

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi 3 butir kurma. Kurma dapat menahan lapar hingga selesai tarawih atau saat makan besar tiba. Selanjutnya anda dapat memilih berbagai menu salad sayur yang berisi daun bayam, bawang bombai merah, potongan daging, tomat serta tambahan perasan jeruk lemon.

Pilihan takjil untuk diet selanjutnya adalah anda dapat mengkonsumsi buah alpukat. Buah satu ini kaya akan serat dan lemak sehat. Pada buah alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yang cukup tinggi. Meskipun sebagian besar terdiri dari lemak, alpukat juga mengandung banyak serat dan air sehingga membuatnya kurang padat energi.

Menu Makan Besar

Biasanya, orang akan makan besar setelah pulang dari sholat tarawih. Namun, sebaiknya anda untuk mengatur waktu antara waktu buka dan waktu tidur anda. Berilah jeda kurang lebih 3 jam antara keduanya. Berikut ini inspirasi menu makan besar untuk diet selama bulan puasa, antara lain:

Nasi Merah

Nasi merupakan salah satu sumber energi, sehingga memiliki peranan penting dalam mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Kita ketahui, mengkonsumsi nasi yang notabene mengandung banyak karbohidrat, sangat tidak baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

Namun anda tidak perlu khawatir, untuk mengantisipasi hal ini, anda dapat mengkonsumsi nasi merah yang cukup menyehatkan dari nasi putih. Dalam nasi merah terkandung banyak serat dan rendah kalori. Dengan mengkonsumsi nasi merah dapat membantu anda lebih cepat kenyang serta tidak mudah lapar. Sehingga anda akan terhindar dari kebiasaan makan yang berlebihan.

Aneka Sup

Menu diet saat puasa selanjutnya yang dapat anda konsumsi adalah aneka sup, salah satunya sup ayam dengan sayuran. Menyajikan ayam dalam bentuk sup juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Perpaduan ayam dengan kuah sup menjadi menu diet buka puasa yang ideal dalam melancarkan program diet saat puasa.

Hal penting yang harus anda perhatikan dalam menentukan menu buka puasa untuk diet antara lain utamakan serat dan protein, perhatikan konsumsi minuman dan makanan manis. Selain itu, batasi konsumsi gorengan serta perbanyak minum air putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here