Ketua Bawaslu Kendal Lantik 60 Orang Anggota Panwaslu Se Kabupaten Kendal

Kendal, medgo.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Kendal untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Jum’at (24/5/2024) pagi, di Aldila Resto Kendal.

Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria, menyampaikan bahwa pada hari ini Jum’at 24 Mei 2024, dilakukan pelantikan terhadap 60 orang anggota Panwaslu Kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal, dimana dari setiap kecamatan ada sebanyak tiga orang.

“Anggota Panwaslu Kecamatan yang hari ini dilantik, maka per hari ini juga sudah harus memulai melakukan tugasnya”, tandas Hevy.

Anggota Panwaslu Kecamatan, lanjut Hevy, tidak mengenal yang namanya tanggal merah atau hari libur. Hari kerja Panwaslu Kecamatan adalah hari kalender, jadi setiap hari adalah hari kerja.

“Tugas terpenting dari anggota Panwaslu Kecamatan adalah melakukan pencegahan pelanggaran”, tegas Hevy.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

Terkait dengan perekrutan anggota Panwaslu Kecamatan, Hevy menyampaikan bahwa dalam perekrutannya dilakukan dalam dua tahap.

“Yang pertama, melakukan pendataan terhadap anggota Panwaslu Kecamatan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 pada bulan Februari lalu, dimana yang memenuhi syarat kita rekrut kembali. Sedangkan sisanya adalah wajah-wajah baru”, terang Hevy.

Lebih jauh, Hevy mengutarakan dan mengingatkan bahwa para anggota Panwaslu Kecamatan di dalam melaksanakan tugasnya banyak pasti akan dimusuhi oleh banyak pihak.

“Walaupun banyak pihak yang memusuhi, anggota Panwaslu Kecamatan harus tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku”, tegas Hevy.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

Sementara itu, pada kesempatan tersebut. Wakil Bupati (Wabup) Kendal, Windu Suko Basuki, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwascam yang baru saja dilantik, dan berpesan agar bisa melaksanakan tugasnya dengan amanah.

‘Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, harapan saya adalah partisipasi masyarakat bisa lebih tinggi dan pelaksanaannya dapan berjalan dengan baik, lancar, aman dan kondusif”, kata Pakde Bas, demikian sapaan akrab dari Wabup Kendal ini.

Informasi Pilkada serentak tahun 2024 ini, imbuh Pakde Ba, agar dapat tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat.

“Melalui Pilkada 2024 nanti, semoga bisa terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kendal yang terbaik dari para pasangan calon yang ada”, ungkap Pakde Bas.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

Tentang anggaran penyelenggaraan Pilkada tahun 2024, Pakde Bas menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal mengalokasikan anggaran dana hibah dari APBD tahun 2024 sebesar Rp. 71 miliar.

Diketahui, Pilkada serentak tahun 2024 akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub dan Wagub), Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup dan Wabup), dan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot dan Wawalkot).

Hadir dalam.acara pelantikan anggota Panwaslu kecamatan diantaranya Forkopimda Kendal, Sekda Kabupaten Kendal, Ir Sugiono, Camat se Kabupaten Kendal, Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria, dan Ketua KPU Kendal, Khasanudin. (*17).