Wali Kota Gorontalo Tekankan Pentingnya Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, menyatakan dukungannya terhadap percepatan digitalisasi di Kota Gorontalo dalam rangkaian kegiatan High Level Meeting TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) yang dilaksanakan pada Jumat (24/05)

Dalam sambutannya, Marten Taha menekankan bahwa digitalisasi transaksi pemerintah daerah merupakan langkah penting untuk meningkatkan layanan, transparansi pengelolaan keuangan, serta mencegah penyalahgunaan keuangan dari hasil pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Digitalisasi ini akan memberikan kemudahan bagi kita semua, baik dari segi peningkatan layanan, transparansi pengelolaan keuangan, dan dapat menghindari penyalahgunaan keuangan dari hasil pemungutan PAD,” ujar Taha.

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan di Leato Selatan, Enam Orang Diamankan Polisi

Pemerintah Kota Gorontalo, melalui TP2DD, telah menyusun roadmap atau peta jalan dan rencana aksi yang perlu ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder terkait. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelaksanaan percepatan digitalisasi daerah.

“Melalui tim ini, diharapkan agar progres percepatan digitalisasi transaksi pemerintah daerah bisa tercapai dengan baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Taha berharap agar seluruh unit kerja berkomitmen melaksanakan transaksi berbasis digital, terutama dalam sistem pembayaran pajak dan retribusi. Ia menekankan pentingnya penggunaan transaksi non-tunai berbasis digital untuk meningkatkan penerimaan PAD Kota Gorontalo.

BACA JUGA :  Gobel Ajak Rumania Bikin Joint Commission

“Penggunaan transaksi non-tunai berbasis digital perlu dimaksimalkan agar penerimaan PAD Kota Gorontalo bisa meningkat dan mampu membiayai program serta kegiatan yang telah direncanakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marten Taha juga menyampaikan rasa bangganya terhadap kinerja anggota TPID dan TP2DD Kota Gorontalo yang telah berupaya keras mengendalikan inflasi. Ia mengungkapkan bahwa Kota Gorontalo selalu berada di bawah rata-rata nasional dalam hal inflasi, sehingga diakui oleh pemerintah pusat. Kota Gorontalo telah empat kali berturut-turut masuk dalam kategori Indeks Harga Konsumen (IHK) terbaik secara nasional di wilayah Indonesia Timur.

BACA JUGA :  Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Gelar Kuliah Tamu dan Diskusi Ilmiah Bersama BIG

Di akhir sambutannya, Marten Taha yang masa jabatannya sebagai Wali Kota akan berakhir pada awal bulan Juni, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama selama masa kepemimpinannya.

“Untuk semua kerja keras Bapak dan Ibu selama ini, saya, atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama Pemerintah Kota Gorontalo, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja samanya selama masa kepemimpinan saya dan Bapak Wakil Walikota,” tutupnya. (IH)