Idul Adha 2024 Di Jawa Tengah Kebutuhan Hewan Qurban Lebih Dari 500 Ribu Ekor

Semarang, Medgo.id – Ketersediaan hewan ternak untuk keperluan Idul Adha tahun 2024 di Jawa Tengah, menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto, jumlahnya sudah mencukupi bahkan bisa dikatakan surplus.

Agus mengungkapkan bahwa tercukupinya kebutuhan hewan ternak untuk Idul Adha tahun 2024 karena Jawa Tengah merupakan lumbung hewan ternak terbanyak kedua secara nasional setelah Jawa Timur.

“Kebutuhan sapi untuk qurban pada tahun 2024, diperkirakan sebanyak 150-200 ribu ekor. saat ini, ketersediaan hewan ternak sapi di kisaran 200-255 ribu ekor. Stoknya lebih dari cukup”, terang Agus.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

Sementara itu, lanjut Agus, untuk kerbau yang dibutuhkan sebanyak 5-6 ribu ekor dan telah disiapkan sebanyak 7 ribu ekor. Sementara itu, untuk kambing kebutuhannya diperkirakan sekitar 260 ribu ekor, dan stok yang dipersiapkan ada sebanyak 270 ribu ekor.

“Untuk domba, telah dipersiapkan 100 ribu ekor, dari yang dibutuhkan yaitu sekitar 90 ribu ekor”, kata Agus.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

Lebih lanjut, Agus mengutarakan bahwa Jawa Tengah juga memasok untuk kebutuhan hewan ternak di wilayah Jabodetabek, tapi dengan catatan hewan ternak yang dikirim harus benar-benar sehat.

BACA JUGA :  Potensi Belanja BLUD Jawa Tengah Mencapai 3,91 Triliun

“Kepada seluruh masyarakat, saya mengimbau supaya benar-benar jeli dalam memilih hewan ternak agar ibadah yang dilakukan lancar dan sah sesuai syariat”, pungkas Agus. (*17).