Pj Gubernur Gorontalo Ajak Masyarakat Manfaatkan Kartu Prakerja

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, mengajak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk memanfaatkan program Kartu Prakerja. Ajakan ini disampaikan dalam acara temu alumni program Kartu Prakerja di Hotel Aston, Kota Gorontalo, pada Rabu (5/6/2024).

Rudy menyoroti pentingnya program Kartu Prakerja yang merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo pada 2019. Sejak diluncurkan pada 2020, program ini telah mencetak lebih dari 18 juta alumni di seluruh Indonesia, namun partisipasi di Gorontalo masih di bawah 200 ribu orang.

“Jumlah peserta di Gorontalo masih sangat kecil. Kami perlu meningkatkan partisipasi agar lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat luar biasa dari program ini,” ujar Rudy.

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan di Leato Selatan, Enam Orang Diamankan Polisi

Acara temu alumni dihadiri oleh 77 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo. Sebagai Ketua Tim Pelaksana Program Kartu Prakerja, Rudy menekankan pentingnya para alumni memanfaatkan pelatihan yang telah mereka ikuti, khususnya untuk berwirausaha.

“Bagi yang sudah bekerja, saya ucapkan selamat. Namun, berwirausaha memiliki nilai lebih karena dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan membantu mengurangi pengangguran di Gorontalo,” tambahnya.

BACA JUGA :  Idul Adha 1445 H: Kota Gorontalo Sembelih 1.160 Hewan Kurban

Rudy juga menginformasikan bahwa alumni yang ingin mengembangkan usahanya tetapi terkendala modal dapat mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Prakerja. Program ini bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) untuk menyediakan pinjaman dengan bunga rendah khusus bagi alumni Kartu Prakerja.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Setujui Dua Raperda Usulan Pemprov

“Manfaatkanlah KUR ini untuk mengembangkan usaha kalian. Jangan ragu untuk mengambil peluang ini,” tutup Rudy. (Adv/IH)