Penjagub Gorontalo Pimpin Gerakan Bersih Pantai di Blue Marlin

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, memimpin gerakan Coastal Clean Up atau aksi bersih pantai di kawasan Blue Marlin, Kota Gorontalo, pada Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara PT. PLN Nusantara Power dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional 2024.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional ini adalah momen penting untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan secara berkelanjutan,” ujar Rudy dalam sambutannya.

Hari Lingkungan Hidup Internasional, yang diperingati setiap 5 Juni, berawal dari konferensi internasional pada tahun 1972 yang membahas upaya meningkatkan kesadaran untuk melindungi lingkungan. Tema tahun ini adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

BACA JUGA :  Festival dan Lomba Burung Berkicau Nani Wartabone Cup I Sukses Digelar di Kota Gorontalo

Rudy berharap bahwa aksi bersih pantai ini akan mendorong perubahan sikap masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini meliputi pengumpulan, pemilahan, dan penimbangan sampah, serta pameran produk daur ulang.

“Diharapkan mulai hari ini, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Selain itu, kita juga perlu mengolah sampah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” tambah Rudy.

BACA JUGA :  Ismail Madjid: PPDB Kunci Utama Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kota Gorontalo

Acara ini dihadiri oleh Direktur Management Human Capital dan Administrasi PT. PLN Nusantara Power, Karyawan Aji, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, serta anggota Forkopimda dan pimpinan organisasi perangkat daerah. Ratusan peserta, termasuk aparatur sipil negara, karyawan PLN Gorontalo, mahasiswa, dan masyarakat umum, turut ambil bagian dalam aksi bersih pantai ini.