Diskumperindag Provinsi Gorontalo Sukses Gelar 16 Pasar Murah Bersubsidi di Tahun 2024

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumperindag) telah berhasil menggelar 16 kegiatan Pasar Murah Bersubsidi sepanjang tahun 2024. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan menyediakan kebutuhan pokok bersubsidi.

Selama periode Maret hingga Juni 2024, kegiatan ini mencakup total distribusi sebanyak 20.500 paket komoditi bersubsidi kepada masyarakat di berbagai wilayah di Gorontalo.

Rincian Kegiatan Pasar Murah

Bulan Maret:
Diskumperindag memulai kegiatan ini dengan empat kali pasar murah di bulan Maret, yang menyediakan total 5.500 paket. Kegiatan pertama dilaksanakan pada 09 Maret 2024 di Simpang 3 GORR Tapa, Desa Talulobutu, Kec. Tapa, Kab. Bone Bolango dengan jumlah 1.500 paket komoditi. Selanjutnya, kegiatan serupa dilaksanakan di Kelurahan Libuo, Kec. Dungingi, Kota Gorontalo (10 Maret 2024), Desa Luwoo, Kec. Talaga Jaya, Kab. Gorontalo (14 Maret 2024), dan Kejaksaan Negeri Limboto, Desa Pone, Kec. Limboto Barat (26 Maret 2024).

Bulan April:
Bulan April menjadi puncak dari kegiatan pasar murah dengan delapan kali penyelenggaraan yang menyebar di berbagai daerah. Dengan total 10.300 paket, pasar murah di bulan ini antara lain dilaksanakan di Desa Toto Selatan, Kec. Kabila, Kab. Bone Bolango (02 April 2024), dan Kompleks Perkebunan Kakao, Desa Polohungo, Kec. Dulupi, Kab. Boalemo (22 April 2024). Setiap kegiatan di bulan ini menyediakan 6 hingga 8 jenis komoditi pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat.

BACA JUGA :  Sekwan Kota Gorontalo Ajak Masyarakat Memaknai Kurban sebagai Bentuk Keikhlasan dan Kepedulian

Bulan Mei:
Pada bulan Mei, pasar murah digelar satu kali pada 29 Mei 2024 di Desa Panggulo, Kec. Botupingge, Kab. Bone Bolango dengan jumlah 1.500 paket komoditi.

BACA JUGA :  Pembangunan Kanal Tanggidaa, Pemprov Gorontalo Sepakat Pengalihan Rute Kendaraan Kontainer

Bulan Juni:
Di bulan Juni, tiga pasar murah telah dilaksanakan di berbagai lokasi dengan total 3.200 paket. Salah satunya di Desa Molantadu, Kec. Tomilito, Kab. Gorontalo Utara (05 Juni 2024) yang menyediakan 700 paket komoditi.

Dampak Positif untuk Masyarakat

Secara keseluruhan, program ini telah memberikan dampak positif bagi 20.500 penerima manfaat di seluruh Provinsi Gorontalo. Kepala Diskumperindag Gorontalo menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menekan inflasi dan membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA :  Kendalikan Inflasi, Pemkot Gorontalo Gelar Gerakan Pangan Murah

“Program Pasar Murah Bersubsidi ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar Kepala Diskumperindag, Risjon Sunge

Selain itu, pemerintah berencana untuk terus melanjutkan program ini di bulan-bulan mendatang dengan cakupan wilayah yang lebih luas dan jumlah paket yang lebih besar, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menyongsong Masa Depan yang Lebih Terjangkau

Program Pasar Murah Bersubsidi ini adalah salah satu dari banyak inisiatif yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan keberhasilan penyelenggaraan pasar murah ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari kebijakan pemerintah dalam jangka panjang. (IH)