Batu Hitam Gorontalo, Pemkab Bonebol Harap Polda Bantu Percepat Regulasinya

Bonebol, MEDGO.ID — Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berharap Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo bisa membantu mempercepat regulasi aktivitas pertambangan khususnya batu hitam yang ada di Kecamatan Suwawa Timur.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou pun mengundang Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Angesta Romano Yoyol untuk bersilaturahmi dan beraudience dengan pihak Pemerintah Kabupaten, masyarakat penambang, hingga koperasi yang digelar di Rumah Makan Meranti Indah, Senin (12/06). malam

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat diwawancarai usai kegiatan tersebut mengatakan tujuannya mengundang Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Angesta Romano Yoyol agar bisa berdiskusi dengan masyarakat penambang, koperasi dan individu-individu termasuk pemilik lubang didalamnya serta Pemerintah Daerah guna mendapatkan masukan dan saran bagaimana kebijakan pengelolaan tambang agar lebih fair dan sehat serta menguntungkan semua pihak.

Kredit Mobil Gorontalo

“Kami berharap dengan cara ini negara bisa mendapatkan pendapatan, lingkungannya juga terjaga dan yang paling utama masyarakat terlindungi. Karena terus terang ini seperti maju mundur, berbagai upaya telah kita lakukan tapi sampai hari ini tidak ada penyelesaian yang konstruktif. Mudahan-mudahan dengan kehadiran Pak Kapolda ini bisa mempercepat apa yang menjadi keinginan semua pihak baik penambang dan Pemerintah Daerah tanpa mengabaikan aturan yang berlaku,”kata Hamim, selasa (13/06)

Hamim ingin dengan kehadiran Irjen Pol Angesta Romano Yoyol bisa mempercepat aspirasi masyarakat penambang di Kabupaten Bone Bolango yang berharap besar masih bisa mengelola tambang ini.

BACA JUGA :  Dukung Peningkatan Kualitas Hidup, Pj. Nizhamul Tinjau Lokasi Ruang Publik

“Karena mereka sudah puluhan tahun ada disana sebelum datangnya Gorontalo Mineral dan tidak ada pekerjaan lain selain pertambangan ini. Jadi mohonlah dibuat sederhana aturannya sehingga masyarakat bisa tenang mengelola pertambangan ini.,”ujar Hamim.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

Selain itu, Bupati Hamim juga berharap kedepan jika regulasi pertambangan sudah jelas akan berdampak pada income untuk daerah baik itu retribusi atau pajak daerah yang bisa kami diperoleh. Sebab menurut Bupati Bone Bolango dua periode itu, selama ini Pemerintah Daerah hanya menjadi tempat aduan masalah semua pihak.

Menanggapi hal tersebut, Irjen Pol Angesta Romano Yoyol menjelaskan sebagai pihak keamanan, dirinya tentu bertanggung jawab dalam mengayomi, ,melayani dan memberikan penjelasan kepada masyarakat sesuai dengan apa yang menjadi saran dari Bupati Hamim Pou.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

“Tadi Pak Bupati sudah menyarankan supaya ada regulasinya yang mana masyarakat ini harus diayomi, dilayani dan dijelaskan mana yang melanggar dan mana yang tidak agar betul paham. Kemarin tindakan yang diambil oleh polda karena masyarakat sudah mulai resah banyak hal yang menurut mereka sudah tidak sesuai sebagaimana mestinya,”jelas Kapolda Gorontalo.

Ia pun menegaskan hasil dari rapat ini akan disimpulkan dan diangkat ke tingkat provinsi yang kemudian provinsi akan membawanya ke tingkat nasional agar tidak buntu.