ASDP Memprediksi Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran 2024 Akan Capai 5,78 Juta

Jakarta, MEDGO.ID – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memperkirakan bahwa jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun 2024/1445 H diperkirakan akan mencapai 5,78 juta orang. Proyeksi ini menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengatur operasionalnya menjelang puncak arus mudik dan balik.

Menyambut momen penting ini, pihak ASDP menekankan pentingnya persiapan yang matang bagi para penumpang, khususnya yang akan menggunakan layanan kapal ferry. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, ASDP mendorong pengguna jasa untuk melakukan pembelian tiket secara online melalui platform Ferizy dengan waktu minimal H-1 sebelum keberangkatan.

Sekretaris Perusahaan ASDP, Shelvy Arifin, menjelaskan bahwa ASDP telah memulai penjualan tiket secara online melalui Ferizy sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang serta mengurangi antrian di pelabuhan.

Kredit Mobil Gorontalo

“Dengan memesan tiket secara online lebih awal, penumpang dapat memastikan kelancaran perjalanan mereka dan menghindari kemungkinan kelangkaan tiket di hari keberangkatan,” ucap Shelvy.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi, menegaskan komitmen perusahaan untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik selama periode Angkutan Lebaran. ASDP bersinergi dengan instansi terkait untuk menjaga tingkat pelayanan (v/c ratio) di bawah 0,8 guna menghindari kemacetan di pelabuhan.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Pastikan, Bendungan Bulango Ulu Akan Rampung Akhir Tahun

“Pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 6 dan 7 April 2024, kita tetap akan menghadapi antrean kendaraan masuk pelabuhan. Namun, dengan kerjasama dan kedisiplinan semua pihak, kita yakin dapat mencapai kelancaran arus lalu lintas penyeberangan,” kata Ira.

BACA JUGA :  Ini yang Dibahas Rachmat Gobel Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Gorontalo

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan persiapan teknis untuk menghadapi Angkutan Lebaran 2024. Langkah-langkah strategis dan taktis dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan angkutan mudik berjalan lancar.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Gorontalo Hadiri Rapat Persiapan Kedatangan Presiden Jokowi

Pergerakan masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali tetap menjadi fokus utama, dengan beberapa pelabuhan perbantuan akan dioperasikan kembali untuk mengurai kepadatan kendaraan. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih lancar dan nyaman bagi para pemudik.

Dengan berbagai persiapan dan koordinasi yang telah dilakukan, ASDP optimis dapat memberikan layanan yang aman, nyaman, dan berkualitas selama periode Angkutan Lebaran 2024. (*)