Daftar Menu Sehat Buka Puasa, Penuhi Asupan Nutrisi Bagi Tubuh

menu sehat buka puasa
paktales.com

Menu sehat buka puasa cukup beragam. Selama menjalankan puasa, juga harus tetap memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Pasalnya, setiap makanan yang anda konsumsi selama bulan Ramadhan akan sangat menentukan status kesehatan tubuh. Lalu, seperti apakah makanan sehat saat berbuka puasa tersebut?

menu sehat buka puasa
paktales.com

Daftar Menu Sehat Buka Puasa

Ramadhan merupakan bulan yang sangat suci dan mulia bagi seluruh umat muslim. Di dalamnya banyak sekali keistimewan, di antaranya setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan maka kita harus mempersiapkan hati serta jasmani sebaik-baiknya.

Saat menjalankan puasa, kebutuhan nutrisi serta kalori tubuh juga harus terpenuhi. Pasalnya, saat berpuasa frekuensi makan berkurang, maka kita harus menyiasati asupan nutrisi pada tubuh ketika sahur atau pun berbuka. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat, terutama saat berbuka untuk selalu menjaga kesehatan anda selama berpuasa Ramadhan.

Berikut ini daftar menu buka puasa yang cukup menyehatkan bagi anda antara lain:

Kurma

Merupakan salah satu menu sehat buka puasa. Saat ingin membatalkan puasa, maka sebaiknya anda tidak langsung makan makanan berat terlebih dahulu.

Disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi makanan ringan dan manis salah satunya dengan mengkonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan, kurma memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh anda saat menjalankan puasa.

Salah satunya mampu mengatasi anemia. Kurma banyak mengandung zat besi tinggi, maka secara langsung kurma dapat menjadi suplemen alami bagi penderita anemia. Selain itu, buah kurma juga mengandung gula alami dan mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang selama menjalankan puasa.

Sop Buah

Sama halnya dengan kurma, sop buah merupakan salah satu menu yang dapat anda konsumsi untuk membatalkan puasa sebelum anda menyantap makanan berat. Akan tetapi, dalam mengkonsumsi sop buah untuk menjadi menu puasa yang cukup sehat, sebaik nya anda membuatnya sendiri.

Takjil buatan sendiri tentu lebih sehat dan higienis. Bebas pewarna serta perasa makanan buatan yang cukup berbahaya bagi tubuh. Selain itu, anda juga dapat menakar jumlah gula yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Aneka Sup

Menu sehat buka puasa selanjutnya adalah menyantap aneka sup. Makanan hangat terbukti mampu menenangkan perut yang bermasalah setelah menjalankan puasa seharian penuh. Selain itu, menu satu ini juga lebih sehat daripada makanan yang digoreng. Sup ayam dapat menjadi alternatif makanan sehat yang bisa anda sajikan saat berbuka puasa.

Ayam dapat menyediakan asupan protein yang nantinya akan tubuh olah sebagai sumber energi. Selain sup ayam, anda juga dapat membuat sup yang berisi aneka sayuran dengan menambahkan lauk seperti ayam, bakso sapi, atau jamur ke dalam kuahnya tersebut.

Karedok atau Pecel

Pecel atau karedok merupakan salad ala Indonesia. Keduanya memang memiliki beberapa kesamaan. Pecel dan karedok terdiri dari berbagai macam sayuran yang tersaji dengan saus kacang atau bumbu kacang. Mengapa menu ini dapat berarti sebagai menu buka puasa yang sehat?

Pasalnya, keduanya sama-sama terbuat dari sayuran yang kaya serat, nutrisi dan vitamin. Selain itu, pecel atau karedok sama-sama dapat anda konsumsi dengan menggunakan nasi. Namun sebaiknya, apabila ingin menyajikan menu makanan ini saat buka puasa, maka sebaiknya jangan terlalu pedas untuk menghindari sakit perut saat berbuka puasa.

Dengan selalu memperhatikan serta mengkonsumsi menu sehat buka puasa, maka asupan nutrisi pada tubuh anda pun akan selalu terjaga meskipun selama menjalankan puasa. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sehingga puasa anda tetap lancar sebulan penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here