Wawali Ryan F. Kono : Pemkot Gorontalo Terus Mendorong Upaya Diversifikasi Konsumsi Pangan Lokal

Kota Gorontalo, (MEDGO.ID) — Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F Kono, mengatakan, Pemerintan Kota Gorontalo terus mendorong diferaifikasi konsumsi pangan lokal.

Pernyataan itu disampaikan Ryan saat membuka Festival Pangan Lokal Lomba Cipta Menu Beragam yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kota Gorontalo, di Bele Li Mbui, Rabu (11/03) tadi pagi.

Pada kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Gorontalo ke-292 tanggal 19 Maret 2020 itu, Ryan menjelaskan, pemerintah tidak akan secara total melarang masyarakat untuk mengkonsumsi beras.

“Kami akan mencoba merubah pola konsumsi masyarakat itu agar lebih mengarah pada upaya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi,” ucapnya.

“Pola konsumsi masyarakat mestinya lebih banyak sumber karbohidrat, protein, sumber vitamin dan mineral. Hal ini harus dilakukan untuk menjadikan kualitas gizi yang lebih baik,” tambahnya.

Menurut Ryan, dalam kegiatan yang melibatkan unsur kepesertaan antara lain dari IWAPI, Pertamina, IWA BRI, Persit Chandra Kirana, Bhayangkari Polres Gorontalo Kota dan PLN, itu dimaksudkan untuk mengasah kemampuan masyarakat mengolah bahan pangan lokal menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat.

“Bisa menimbulkan nilai ekonomis yang tinggi pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan,” katanya.

Wakil Walikota menghimbau semua kalangan, agar membumikan, mencintai dan memasyarakatkan pangan lokal yang ada di Gorontalo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pangan Kota Gorontalo, Tommy Yahya, selaku Penyelenggara, menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2017 sampai sekarang itu, dimaksudkan untuk memberikan inovasi bahwa, bahan pangan lokal sangat penting untuk dikonsumsi. ## (Hans).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here