Wali Kota Gorontalo: IKN Membuka Peluang Baru bagi Kemajuan Indonesia

Jakarta, MEDGO.ID — Dalam sebuah rapat koordinasi yang digelar di Jakarta pada Kamis (14/3/2024), Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, menyebut bahwa Inisiatif Kota Nusantara (IKN) bukan sekadar sebuah proyek, tetapi merupakan loncatan besar bagi peradaban Indonesia. Menurutnya, acara tersebut tidak hanya memberikan pemahaman tentang konsep IKN, tetapi juga membawa potensi kolaborasi yang signifikan antara pemerintah daerah dan pusat.

BACA JUGA :  Penjagub Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Gorontalo

Marten menegaskan bahwa partisipasi penuh seluruh pemerintah daerah menjadi fokus utama dalam mewujudkan visi IKN sebagai tonggak emas bagi Indonesia di masa depan. Dia juga menyoroti potensi ekonomi dan logistik yang dapat diakses oleh Gorontalo melalui kolaborasi dengan IKN.

“Gorontalo, dengan letaknya yang strategis di Kawasan Teluk Tomini, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat logistik regional yang mendukung IKN. Kolaborasi dengan IKN akan membuka pintu bagi pertumbuhan ekonomi baru bagi Gorontalo dan daerah sekitarnya,” ujar Marten.

Kredit Mobil Gorontalo

Selain itu, Marten menyebut bahwa Gorontalo dapat berperan sebagai penyedia komoditas utama bagi IKN, terutama melalui pelabuhan Anggrek dan fasilitas lainnya di Teluk Tomini. Dia optimis bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan wilayah Gorontalo serta Indonesia secara keseluruhan.