Wabup Bonebol Sidak Pelayanan Puskesmas Toto Utara

Bonebol, MEDGO.ID – Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Toto Utara, di Kecamatan Tilongkabila, Senin (31/07/2023).

Sidak ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas keluhan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas tersebut.

“Hari ini saya datang ke sini, karena ada yang mengeluh. Masyarakat mengeluh bahwa di Puskesmas Toto Utara, kalau mereka datang di atas jam 12 siang, itu sudah tidak dilayani, sehingga mereka mengadu ke saya dan sudah saya sampaikan sama Kepala Dinas Kesehatan, dr. Meyrin Kadir untuk pengaduan dari masyarakat ini,”ujar Wabup Merlan.

BACA JUGA :  Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih, Usman Dunda : Pantarlih Akan Datangi 113.943 Pemilih 

Kata Wabup, terkadang mungkin hal ini berkaitan dengan SOP-nya pendaftaran sampai jam berapa. Tetapi yang perlu kita perhatikan di luar daripada itu, adalah kita tidak tahu penyakit yang diderita oleh pasien yang datang tersebut, sehingga mereka datang di atas dari jam yang sudah ditentukan dan itu menjadi keluhan.

“Saya berharap ini jangan terjadi lagi. Kalau ada yang datang sudah dalam kondisi sakit walaupun sudah lewat jam pelayanan tetap diterima. Namanya orang sakit tidak bisa ditolak. Kalau itu sampai kita tolak, maka akan menjadi image tidak baik. Orang lain mendengar itu, nanti dianggap kita tidak profesional atau kita tidak memperlakukan masyarakat dengan baik,”beber Wabup Merlan.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Gelar Pisah Sambut Penjabat Bupati Batu Bara

Lebih lanjut orang nomor dua di Kabupaten Bone Bolango itu, mengakui hal-hal seperti ini terjadi bukan hanya di Puskesmas Toto Utara saja, tetapi juga di beberapa Puskesmas lainnya, selalu ada kesalahpahaman.

Biasanya kalau ada masyarakat yang berobat terlambat datang, kemungkinan dokternya sudah selesai dan sudah tidak boleh lagi melayani dan akhirnya suster-suster yang tahu obatnya merekalah yang memberikan. Sementara pasien ini maunya dokter yang melayani.

BACA JUGA :  Pimpin Apel Perdana, Pj. Heri Sampaikan ASN Melayani Masyarakat Sepenuh Hati

“Olehnya, mari prioritas kita melayani masyarakat. Kalaupun ada SOP-nya coba dicari strategi kalau dokternya hanya sampai jam sekian, tapi tetap ada yang melayani. Jangan ditolak kalau orang sakit. Jangankan siang, malam dan waktu subuh sekali pun harus dilayani,”tandas Merlan.

Memang diakui Wabup, kendala di Bone Bolango hingga saat ini adalah kekurangan dokter.”Bone Bolango ini kekurangan dokter, bahkan di Pinogu tidak ada dokter,”pungkas Wabup Merlan S. Uloli. (Adv/IH)