UMKM Mari Merapat, Car Free Day di Gorontalo Mulai 23 Juli

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Wacana kegiatan Car Free Day (CFD) yang akan menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Gorontalo, akan dimulai pada 23 Juli 2023 mendatang.

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya memastikan jadwal ini, melalui rapat persiapan kegiatan CFD dengan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dan perwakilan Polda Gorontalo, di Aula Rujab Gubernur, Selasa (11/7/2023).

Pelaksanaan CFD dikhususkan juga untuk menghidupkan UMKM. Penjagub minta pelaku usaha berjualan di sepanjang jalan pelaksanaan CFD. Utamanya diseputaran Lapangan Taruna Remaja.

Kredit Mobil Gorontalo

“Jangan tanggal 16 karena itu sudah banyak agenda, tanggal 23 Juli kita mulai. Zaman pak Wali Kota Adnan Dambea CFD ini pernah ada, alurnya sampai ke UNG. Sekarang kita potong hanya sampai lampu merah rumah dinas (wali kota). Tadi pagi saya sudah sampaikan ke pak Sekda Kota, sudah pernah juga saya sampaikan ke pak Wali Kota. Nanti kita akan launching ini sama – sama,” ujar Ismail

Sepanjang jalan yang menjadi pusat CFD yakni di seputar lapangan Taruna Remaja, sejumlah ruas jalan utama dari Bundara HI, kantor Wali Kota hingga Rumah Dinas Gubernur akan ditutup untuk kendaraan bermotor dan mobil. Tetapi bisa dilewati oleh pejalan kaki, pengendara sepeda (gowes). Bagi yang ingin memanfaatkan CFD sebagai sarana untuk berolah raga, seperti senam, dan jogging ringan juga dipersilahkan.

BACA JUGA :  Rudy Salahudin Kagum dengan Keramahan Warga dan Pemerintah Gorontalo

“Setelah ini nanti harus ada sosialisasi ke masyarakat pak Kadispora, terkait dengan pelaksanaan CFD. CFD ini termasuk ke halaman rumah dinas gubernur. Pintu rumah dinas hari minggu pagi dari jam 6-10 saya buka. Olahraga di halaman rudis dipersilahkan, ” jelasnya.

BACA JUGA :  Di Harkitnas ke-166, Bupati Saipul Serahkan SK 555 PPPK Pohuwato

CFD sendiri menurutnya, memiliki beragam manfaat, diantaranya adalah mendorong masyarakat Gorontalo untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan meminimalkan polusi udara. Seluruh OPD diharapkan mengambil jadwal pelaksanaan CFD ini, yang diatur oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Pemuda dan Olahraga. (Adv/IH)