Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Untuk Jalur Mudik Idhul Fitri 2024

Surakarta, medgo.id – Mulai tanggal 5 Maret 2024, Jalan tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Ngawen akan dibuka untuk digunakan oleh para pemudik dalam Idhul Fitri 2024 yang diperkirakan jatuh pada 10 April 2024 mendatang.

Manajer Humas dan Umum PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jesiman, Rabu (27/3/2024), saat melakukan pantauan jalan tol Solo-Yogyakarta di Karanganom, Klaten, menyampaikan bahwa ruas tol Kartosuro-Ngawen sepanjang 22 km tersebut akan dibuka secara fungsional saat arus mudik Idhul Fitri.

Rachmat menegaskan bahwa secara keseluruhan kesiapan tol dalam menghadapi fungsional sudah mencapai 85 persen.

Kredit Mobil Gorontalo

“Ruas tol Kartosuro-Ngawen akan difungsikan sebagai tol fungsional dari tanggal 5 hingga 15 April 2024. Untuk arus mudik mulai tanggal 5-11 April 2024, dan untuk arus balik mulai 12-15 April 2024. Waktu fungsional tol mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB”, terang Rachmat.

Lebih lanjut, Rachmat mengutarakan bahwa karena jalan tol masih dalam masa konstruksi, kecepatan laju kendaraan juga dibatasi hanya 40-50 kilometer/jam, dan untuk Idhul Fitri 2024 kendaraan yang melalui tol fungsional tidak dikenakan biaya alias gratis.

BACA JUGA :  Tradisi Unik Warga Desa Sruni

“Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu-lintas kita juga menyiagakan petugas untuk mengaturnya”, terang Rachmat.

Selain itu, imbuh Rachmat, selama perjalanan di sepanjang jalan tol Kartosuro-Ngawen para pemudik juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat elok. Dimana jalan tol fungsional tersebut juga mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

BACA JUGA :  Pasokan Minim Harga Bawang Merah Tembus 70 Ribu Per Kilogram

“Kalau lewat arteri Kartasura ke Klaten waktu tempuhnya bisa sampai 50 menit, tapi kalau lewat tol fungsional cukup 25 menit saja. Bagi para pemudik yang ingin berhenti sudah disiapkan rest area di kilometer 19. Pemudik bisa berhenti di sana. Dengan waktu istirahat hanya 30 menit di rest area”, terang Rachmat.

BACA JUGA :  Korlantas Polri Berlakukan Sistem Satu Arah Arus Balik Idhul Fitri 2024

Yang tidak boleh dilupakan, pungkas Rachmat, bagi para pemudik agar mengecek kendaraannya terlebih dahulu sebelum melintasi tol, jaga kondisi fisik, taati aturan lalu-lintas dan ikuti arahan petugas. (*17).