Tips Sehat Saat Puasa Jelang Ramadhan Agar Tetap Fit

Tips Sehat Saat Puasa Jelang Ramadhan 2021 Agar Tetap Fit
Tips Sehat Saat Puasa. Foto: Ist/net

Tidak terasa bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, kita harus menyiapkan tubuh agar tetap sehat sehingga dapat menunaikan ibadah puasa dengan sempurna. Maka dari itu anda harus tahu tips sehat saat puasa.

Dan setiap orang muslim yang beriman kepada Allah dan Rasulnya, tentu akan menyambut gembira, kedatangan bulan suci yang penuh rahmat dan maghfirah ini.

Kewajiban melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan setiap tahun adalah merupakan perintah Allah, Dalil/dasar kewajiban berpuasa sebagaimana disebutkan dalam Kitab Suci Al-Qur’an, sebagai berikut :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Q.S. Al-Baqarah/2: 183)

Rasulullah Sallallahu “alaihi Wassaalam mengatakan dalam haditsnya, dan ini menjadi dalilnya sebagai berikut :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: بُنِيَ الإِسْلامُ عَلى خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقامِ الصَّلاةِ وَإِيتاءَ الزَّكاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري)

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Islam itu dibangun di atas lima (pondasi), yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (H.R. Al-Bukhari)

Tips Sehat Saat Puasa Jelang Ramadhan 2021 Agar Tetap Fit
Tips Sehat Saat Puasa. Foto: Ist/net

Puasa saat bulan ramadhan sebenarnya memberi dampak yang positif bagi kesehatan, walau tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama seharian. Maka dari itu penting untuk kita selalu menjaga pola hidup sehat agar bisa menjalankan puasa dengan baik.

Beberapa Tips Sehat Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan Agar Tubuh Tetap Fit

Seringkali kita merasa lemas dan lesu saat menjalankan ibadah puasa. Namun perlu anda tahu, sebenarnya rasa lemas dan lesu muncul bukan karena kita berpuasa melainkan karena pola hidup sehat yang tidak teratur dengan baik.

Berikut tips agar puasa mau tetap berjalan lancar dengan menjalankan hidup sehat

Sahur

Tips sehat saat puasa yang pertama harus memperhatikan sahur. Peran sahur sangatlah penting demi menjaga stamina tubuh selama berpuasa. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat, seperti ubi-ubian.

Makanan tersebut nyatanya dapat menahan kencing selama 6 jam. Anda juga jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur serta minumlah air putih yang cukup sehingga dapat menjaga stamina saat berpuasa.

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” (Hadits yang mulia ini dikeluarkan oleh Imam al-Bukhâri dalam shahihnya no. 1789 dan Imam Muslim dalam shahihnya no. 1835)

Hindari Makanan Berminyak 

Makanan yang berminyak akan membuat sel darah merah dalam tubuh kita menggumpal. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya aliran oksigen dalam tubuh hingga 20%. Sehingga kita menjadi mengantuk saat siang hari.

Hindari Panas Terik

Jika udara semakin terasa panas, ada baiknya anda melakukan aktivitas didalam ruangan yang sejuk dan dingin. Anda juga perlu membatasi aktifitas fisik yang membuat tubuh cepat lelah. Namun karena terpaksa, dan kepansan saat berada diluar, ada sunah yang dilakukan oleh Nabi Sallahu ‘alaihi wasssalam, sebagaimana disampaikan dalam hadits sebagai berikut:

” Dari Abu Bakar bin Abdurrahman dari seorang sahabat Rasulullah SAW ia berkata, ‘Aku melihat Nabi Muhammad SAW menuang air di atas kepalanya lantaran panas. Sementara Nabi sedang berpuasa.”

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Bila anda berbuka dengan makan berlebihan, itu malah akan membuat kesehatan anda berkurang. Akibatnya perut akan terasa sesak, sehingga lambung akan mengecil dan enzim pencernaan akan berkurang. Oleh karena itu, makan secara bertahap dan pelan-pelan.

Hindari Berbuka dengan Makanan yang Manis Berlebihan

Istilah ‘berbuka dengan yang manis’ sering membuat banyak orang keliru. Memang makanan manis itu baik dikonsumsi setelah berpuasa. Tetapi anda harus tahu kalau mengkonsumsi makanan yang manis dengan jumlah banyak akan memperburuk kesehatan, apalagi makanan manis itu terbuat dari gula.

Lakukan Olahraga Ringan Saat Malam Hari

Tips sehat saat puasa yang lain anda bisa lakukan dengan berolahraga ringan. Misal anda bisa berjalan selama 15-20 menit setelah makan, sehingga akan membantu pencernaan kita mencerna makan.

Perhatikan Asupan Cairan

Ukuran minum air putih yang disarankan biasanya sebanyak 8 gelas perhari, dari buka puasa hingga sahur. Dengan menjaga cairan tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi dan konstipasi.

Kurangi Makan yang Asin

Bila anda suka dengan makan asin, ada baiknya anda menguranginya saat berpuasa. Karena makan yang mengandung garam akan membuat anda lebih cepat haus saat menjalankan ibadah puasa.

Konsumsi Vitamin Bila Perlu

Bila perlu anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan nutrisi. Hal ini bisa membantu proses metabolisme tubuh.

Mengatur Pola Tidur

Selain menjaga pola makan anda juga harus menjaga pola tidur. Penyebab mengapa anda sering ngantuk saat puasa karena anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Bila tidur malam tetap tidak mencukupi, anda bisa melakukan power-nap di siang hari, hal ini akan membantu memulihkan energi.

Kurangi Kafein

Anda harus menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, karena kafein dapat menstimulasi air dari dalam tubuh melalui kemih.

Itulah tips sehat saat puasa yang bisa anda pelajari. Semoga dengan tips ini anda dapat menjalankan bulan ramadhan tahun ini dengan baik dan tetap fit(MDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here