Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Alami Tanpa Pengobatan

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Alami Tanpa Pengobatan
Ilustrasi Cara Mengatasi Sesak Nafas. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi sesak nafas secara alami bahkan tanpa obat sebenarnya lebih aman. Namun, hal ini bisa anda lakukan dengan tujuan mengobati penyebabnya. Sesak nafas atau dyspnea merupakan kondisi tidak nyaman saat bernafas. Hal ini lantaran kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Pernafasan yang normal terjadi ketika udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cara Alami Tanpa Pengobatan
Ilustrasi Cara Mengatasi Sesak Nafas. Foto: Ist/Net

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Proses pernapasan sebenarnya melibatkan banyak organ didalam tubuh. Misalnya,  paru-paru, diafragma, otot di dinding dada, pusat pernapasan di otak, jaringan saraf, dan masih banyak yang lainnya.

Saat terjadi sesak nafas maka bagian-bagian tubuh tersebut harus bekerja secara ekstra. Padahal banyak sekali yang bisa terjadi ketika masalah ini terjadi. Apalagi anda bisa menggunakan cara mengatasi sesak nafas secara alami.

Sesak nafas adalah salah satu masalah yang sering terjadi karena pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Ada sebagian besar orang yang mengalaminya secara tiba-tiba. Namun, ada juga yang mengalami masalah tersebut dalam jangka waktu lama.

Penyebab terjadinya masalah tersebut cukup beragam. Misalnya, karena kelebihan berat badan maupun faktor lainnya. Namun, untuk cara mengatasinya pun berbeda-beda. Bagi anda yang memiliki penyakit sesak nafas berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pada saluran pernafasan antara lain:

1. Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk

Saat anda mengalami masalah sesak nafas ada cara aman yang bisa anda lakukan. Jika hal ini terjadi secara tiba-tiba sebaiknya anda duduk. Namun, posisikan ke depan dan sedikit membungkuk. Cara ini bisa membantu anda dalam mengatur nafas dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Anda bisa melakukan cara ini karena lebih mudah dan cocok ketika hal itu tiba-tiba terjadi.

2. Berdiri Bersandar Dinding

Cara mengatasi sesak nafas secara alami juga bisa anda lakukan dengan berdiri menyandar pada dinding. Cara ini bisa membantu membuat tubuh merasa rileks. Sehingga saluran pernapasan pun lebih lancar. Berdiri dan bersandarlah pada posisi yang tepat.

3. Bernafas Dalam-Dalam

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sesak nafas yaitu dengan menghirup dalam-dalam. Berbaring dan meletakkan tangan pada bagian perut. Tarik nafas dalam-dalam menggunakan hidung dan tarik ke perut. Tunggu hingga paru-paru kemasukan udara penuh. Tahan nafas selama beberapa detik, dan keluarkan melalui mulut. Ulangi kegiatan tersebut selama 5-10 menit. Anda bisa melakukan cara ini ketika merasakan sesak nafas.

  1. Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Jahe

Dengan konsumsi jahe segar dan air hangat sebagai minuman mampu menjadi obat alami. Hal ini bisa mengatasi sesak nafas karena infeksi. Jahe dipercaya mampu mengusir virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Bahkan ramuan alami ini juga bisa aman untuk anak-anak.

5. Kopi Hitam

Ternyata minum kopi hitam juga mampu mengatasi sesak nafas tanpa obat. Dalam kopi terdapat kandungan yang mampu mengurangi kelelahan pada otot saluran pernapasan. Kafein meningkatkan fungsi saluran pernapasan pada penderita asma. Sehingga memudahkan anda dalam menghirup udara. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak karena konsumsi kopi meningkatkan detak jantung.

Sesak nafas menjadi salah satu gangguan yang sering terjadi. Gejala yang ditimbulkan pun beragam sehingga gejalanya juga berbeda. Bahkan kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Sehingga anda perlu mengetahui cara mengatasi sesak nafas bahkan secara alami. Dengan begitu pengobatan tidak perlu anda lakukan tanpa pengobatan.(MDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here