Timnas Indonesia Jadi Ancaman Bagi Vietnam dan Thailand

Bekasi, medgo.id – Timnas U-19 Garuda Indonesia saat melakoni laga ke tiga melawan Thailand pada babak penyisihan Grup A turnamen sepakbola Piala AFF U-19 2022, Rabu (6/7/2022), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, berakhir dengan skor imbang 0 – 0, dan Timnas Indonesia harus puas dengan raihan satu poin.

Timnas Garuda yang telah memainkan tiga pertandingan (Menang 1 kali, Seri 2 kali) dengan raihan 5 poin, berada di posisi 4 pada klasemen sementara Grup A.

Grup A Piala AFF U-19 dihuni oleh 6 tim dari enam negara yaitu Indonesia, Thailand, Myanmar, Brunai, Philipina dan Vietnam.
Klasemen sementara Grup A : Vietnam (Peringkat 1 dengan Poin 7), Thailand (Peringkat 2 dengan Poin 7), Myanmar (Peringkat 3 dengan Poin 6), Indonesia (Peringkat 4 dengan Poin 5), Philipina (Peringkat 5 Poin 0), dan Brunai (Peringkat 6 Poin 0).

BACA JUGA :  Gobel Minta Pemda Kalbar Serius Membangun Ekonomi Kawasan Perbatasan

Menanggapi hasil seri tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Rabu (6/7/2022), mengatakan bahwa untuk menjaga asa lolos ke babak semi final, maka Timnas Indonesia harus memenangkan dua laga berikutnya yaitu saat melawan Philipina pada Jum’at 8 Juli 2022 dan melawan Myanmar pada Minggu 10 Juli 2022.

“Laga melawan Philipina dan Myanmar harus kita menangkan, tidak boleh seri apalagi kalah. Karena Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Indonesia masih memiliki peluang yang sama”, kata Iriawan. Seperti dikutip dari laman pssi.org.

Yang paling penting, tegas Iriawan, kita harus fokus dan jangan sampai kecolongan. Saya bersama masyarakat Indonesia sangat berharap banyak tim ini bisa meraih prestasi.

BACA JUGA :  Gobel Minta Pemda Kalbar Serius Membangun Ekonomi Kawasan Perbatasan


“Timnas U-19 ini dipersiapkan untuk tampil pada ajang Piala Dunia U-20 tahun 2023 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya”, pungkas Iriawan.

Belum ada tim dari Grup A yang lolos ke babak semi final
Hingga pertandingan ketiga babak penyisihan di Grup A Piala AFF U-19 2022, belum ada satupun tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak semi final, walaupun ada dua tim yaitu Philipina dan Brunai (tiga kali bertanding, tiga kali kalah), bisa dikatakan peluangnya sudah sangat kecil untuk bisa lolos dari penyisihan grup.

BACA JUGA :  Gobel Minta Pemda Kalbar Serius Membangun Ekonomi Kawasan Perbatasan

Ada empat tim yang masih berpeluang besar untuk lolos ke fase berikutnya yaitu Vietnam (Peringkat 1 dengan Poin 7), Thailand (Peringkat 2 dengan Poin 7), Myanmar (Peringkat 3 dengan Poin 6), dan Indonesia (Peringkat 4 dengan Poin 5).

Jadwal lengkap babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022:

Jum’at, 8 Juli 2022.
15.00 WIB: Myanmar vs Vietnam (Stadion Madya).
17.00 WIB: Thailand vs Brunai Darussalam (Stadion Patriot Candrabaga).
20.00 WIB: Philipina vs Indonesia (Stadion Patriot Candrabaga).

Minggu, 10 Juli 2022
15.00 WIB: Brunai Darussalam vs Philipina (Stadion Patriot Candrabaga).
20.00 WIB: Vietnam vs Thailand (Stadion Madya).
20.00 WIB: Indonesia vs Myanmar (Stadion Patriot Candrabaga). (*17).