Tidak Perlu Khawatir Soal Wabah Virus Corona, Karena Konsultasi Kesehatan Dapat Melalui Handphone

Tidak Perlu Khawatir Soal Wabah Virus Corona, Karena Konsultasi Kesehatan Dapat Melalui Handphone

Gorontalo, (MEDGO.ID) – Dalam rangka upaya pencegahan penularan dan pelaksanaan social distancing masa pencegahan corona virus Disease 2019, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tetap memberikan pelayanan sesuai dengan waktu layanan yang telah disepakati antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Gorontalo dan FKTP yang tercantum dalam PKS tentang Mekanisme pelayanan melalui Kontak Tidak langsung dan Kontak Langsung.

Mekanisme kontak tidak langsung antara peserta dengan dokter FKTP merupakan bentuk pelayanan yang di prioritaskan. Setiap peserta yang memerlukan pelayanan FKTP didahului dengan menghubungi FKTP melalui handphone/telepon rumah . Dalam kontak tidak langsung ini, dilakukan konsultasi medis atas keluhan peserta atas kondisi kesehatannya kemudian dokter memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan medis peserta.

Salah satu peserta JKN-KIS seorang Pensiunan PNS yang terdaftar di Klinik Pratama Medys, Sara Mile (65) bahwa peraturan ini sangat bagus dalam mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terutama bagi orang tua yang sudah lanjut usia, dimana sekarang ini sedang maraknya penyebaran virus corona. Menurut Sara, dirinya merasa tidak terganggu dengan pembatasan pelayanan yang dilakukan oleh FKTP.

“Saat ini saya merasa kurang enak badan takutnya sudah ada virus yang masuk, maklum sudah 65 tahun cepat sekali tertular penyakit, walaupun masih adanya wabah virus corona yang membatasi saya untuk datang ke klinik, namun hal ini bukan menjadi penghalang bagi saya, karena bisa melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter melalui telepon dan dokter dengan ramahnya memberikan informasi tentang cara pengobatan, sehingga saya tidak merasa khawatir jika memerlukan pelayanan kesehatan, ”jelas Sara yang menghubungi salah satu pegawai BPJS Kesehatan, Senin (30/03).

Saat dihubungi oleh Tim Jamkesnews melalui handphone, dr. Medy Sarita selaku pimpinan klinik Pratama Medys membenarkan bahwa di kliniknya sudah menerapkan pelayanan kesehatan secara kontak tidak langsung dan kontak langsung. Hal ini telah di infomasikan kepada seluruh peserta yang terdaftar di Klinik melalui Pamflet Himbauan kepada Masyarakat Kota Gorontalo.

“ Untuk lebih mempermudah akses pelayanan kesehatan melalui kontak tidak langsung sudah disiapkan nomor handphone yaitu 0811409631 dan 08124439730 sedangkan pelayanan langsung ada pengurangan jam praktek yang sebelumnya dari pukul 12.00 s.d 23.00 Wita di alihkan ke pukul 15.00 s.d 23.00 Wita, hal ini diterapkan setelah adanya himbauan social distancing dimana masyarakat memang sebaiknya tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak, “ujar dr Medy.

Penerapan social distancing ini sebagai bentuk upaya pencegahan agar ada jarak, mengurangi kontak langsung dengan peserta JKN-KIS, bisa mencegah penularan kepada orang lain dan yang sehat tetap sehat.

“Pelaksanaan kebijakan tersebut tentu tidak untuk membatasi layanan peserta namun lebih kepada melindungi diri serta keluarga kita dan masyarakat lebih luas lagi untuk bersama menghentikan penyebaran wabah ini, “tutup dr. Medy.(Hqryono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here