Tenaga Medis RS Dunda, Terima Kasih Pak Rahmad Gobel, Kami Lebih Menghadapi Covid-19

Bantuan APD Rahmad Gobel saat diserhakan ke pihak RS MM Dunda

KABGOR – Suasana haru biru menyelimuti prosesi serah terima bantuan Alat Pelindung Diri (APD), di Rumah Sakit Dunda Limboto. Para dokter dan suster, tak tahan menahan air mata bahagia.

Pasalnya, APD yang dibutuhkan para tenaga medis agar terhindar dari Covid-19 saat berhadapan dengan pasien telah terpenuhi.

Ditengah berkecamuknya pandemik Covid 19 para tenaga medis merasa gusar dan cemas. Lantaran mereka menghadapi pasien yang diduga terpapar virus Covid 19, dengan dibekali APD yang tidak memadai, sehingga berpotensi terpapar virus.

“Kami cemas dan was-was dengan keselamatan keluarga kami, kami tidak ingin mereka terpapar virus ini, karena kewajiban kami di rumah sakit untuk menangani pasien dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa kemanusiaan,” kata dr. Widya, salah satu dokter di Rumah Sakit Dunda Limboto.

Para tenaga medis berterima kasih atas respon cepat dan kepekaan yang telah ditunjukkan Wakil Ketua DPR RI untuk membentengi perawat dengan APD. Pasalnya, para tenaga medis telah beberapa kali mengajukan permintaan APD kepada Pemda setempat, namun permintaan itu belum dapat dipenuhi, disebabkan ketersediaan APD di pasaran, sangat langka.

BACA JUGA :  Warga Asahan Dibuat Heboh ! Seorang Pria Tewas Tidak Wajar

“Kami sudah berulang kali meminta APD, namun hingga saat ini permintaan itu belum bisa terpenuhi, karena memang APD sangat sulit untuk diadakan ,” lanjutnya dengan suara yang sedikit tersedak-sedak menahan haru di RSUD MM. Dinda, Senin (06/04/2020).

BACA JUGA :  Tinjau Vaksinasi Massal di Bandung, Panglima TNI dan Kapolri Minta Warga Tetap Disiplin Prokes

Meski tidak dilengkapi APD yang memadai, para perawat mengaku tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

“Jika sebelumnya kami hanya menggunakan masker kain, yang hanya mampu menangkal terinveksi virus sebesar 70%. Dengan bantuan ini, lebih memacu semangat juang kami untuk bertempur melawan virus Covid 19 di garda terdepan. Karena kami telah terlindungi dengan APD,” kata salah satu perawat di RSU Limboto dengan mata yang berkaca-kaca, saat menghadiri prosesi serah terima bantuan APD donasi Rachmat Gobel.

BACA JUGA :  Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19, Gubernur - Kapolda Gorontalo dan Forkopimda Cek Lokasi Karantina

Selain menyerahkan kebutuhan APD dan sejumlah peralatan medis, pada kesempatan itu juga Staf Ahli Wakil Ketua DPR RI, Rustam Akili melakukan serap aspirasi terkait kebutuhan pihak RSU setempat memerangi wabah Covid 19 dan program pengembangan RSU yang bisa diajukan ke pemerintah pusat.

Penyerahan bantuan APD dari Rachmat Gobel diserahkan Koordinator Tim Tanggap Covid-19 Rachmat Gobel Peduli, dr. Charles Budi Doku. Dalam prosesi penyerahan itu juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Gorontalo dari Fraksi Nasdem, dan RSU, dr. Irawan Huntoyungo, beserta sejumlah tenaga medis.(Rilis/Alyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here