Tangan Kreatif Babinsa di Gorontalo, Potongan Kayu Disulap Jadi Gitar

Gorontalo, Medgo.ID — Di tangan kreatif seorang Babinsa Kodim 1304 Gorontalo, potongan kayu berhasil disulap menjadi gitar listrik.

Ya, dia adalah Rian Sugianton, Warga Kelurahan Limba UI, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo ini mengaku menekuni pembuatan gitar ini sejak bertugas di Batalyon 713 Satya Tama.

Berlahan, dirinya belajar mulai dari membentuk pola kayu, pengecatan hingga elektronik. Meski awalnya kerap gagal, kondisi itu tak membuatnya terhenti. Berbagai eksperimen dilakukan hingga membuahkan hasil. Beberapa bulan berjalan, Rian berhasil membuat gitar elektrik.

Kredit Mobil Gorontalo

“Alhamdulillah berkat ilmu yang saya dapatkan dari barak, saya sudah bisa memperbaiki listrik dan bangunan. Nah kebetulan saya hobinya di musik, suatu ketika saya terinpirasi ingin membuat gitar sendiri, saya pun belajar lagi di youtube dengan alat yang seadanya saya mulai perlahan – lahan hingga berhasil membuat gitar tersebut,” tutur Rian kepada awak media, Minggu (12/03).

Sejak itu, pria kelahiran 1992 ini mengaku, mulai serius membuat alat musik ini dengan asik. Meskipun mendapat ejekan dari beberapa temannya yang saat itu tugas bersamanya, namun dengan biaya dan perlatan yang seadanya, Ia berusaha untuk menciptakan sebuah karya dari tangannya sendiri.

BACA JUGA :  Tingkatkan Semangat Kebersamaan, Wali Kota Gorontalo Sambut Gebyar Semarak Ketupat

“Dari ejekan teman saya itu bukannya saya makin down, malah membuat saya semangat dan ingin langsung membuktikannya, karena perjuangan yang keras tidak akan menghianati hasil yang sesungguhnya. Nah dari situlah saya berjuang di sela-sela waktu istrahat,” ujar Rian

BACA JUGA :  Wali Kota Gorontalo Dorong Kedisiplinan dan Kinerja Pegawai Pasca Libur Lebaran

Terbukti, dengan harga jual yang dapat terjangkau dan bervariasi, produk buatannya ini banyak di buruh para pecinta musik tanah air.

“Walaupun yang memesan baru dikalangan teman saya saja, Insya Allah dari situ gitar yang saya buat ini bisa terjual ke penjuru tanah air,” harapnya

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato

Terakhir, Ia berpesan kepada anak muda Gorontalo agar dapat berkreasi yang lebih bermanfaat, dan pergunakan waktu ke hal yang lebih baik kedepan.

“Dari segi SDM, masyarakat Gorontalo itu pintar – pintar. Maka ayolah berkreasi dan banyak belajar. Saya sendiri pun bisa membuktikan dengan barang – barang bekas ini, alhamdulillah bisa tercipta sebuah gitar,” tandasnya. (IH)