Sport Tourism Akan Dikembangkan Di Pantai Indah Kemangi

KENDAL, MEDGO.ID – Garis pantai yang dimiliki Kabupaten Kendal Jawa Tengah sepanjang kurang lebih 42 kilometer. Dengan garis pantai yang sedemikian panjang, potensi wisata pantai di Kabupaten Kendal sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata utama di Jawa Tengah.

Salah satunya adalah Pantai Indah Kemangi yang berada di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Keindahan pantainya memiliki daya tarik luar biasa.

Pantai Indah Kemangi, terletak di barat laut Kota Kendal berjarak kurang lebih 12 kilometer dan kondisi jalan menuju Pantai Indah Kemangi cukup lebar serta bagus, dimana untuk sampai di lokasi, kita hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit saja.

Untuk menuju ke lokasi kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil sekelas elf di tujuan. Namun belum bisa dilalui untuk kendaraan besar sekelas truk dan bus.

Dalam perjalanan menuju pantai, kita akan mendapatkan suguhan bentang alam dengan pemandangan hamparan sawah yang sangat mempesona di kanan dan kiri jalan.

Team Seadoo Jawa Tengah juga telah melakukan uji coba olahraga Jetski di Pantai Indah Kemangi, Sabtu (20/3/2021).

Tak ketinggalan, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B.Sc beserta Wakil Bupati H. Windu Suko Basuki, S.H, juga menyempatkan diri untuk mencoba olahraga jetski sekaligus berkeliling melihat beberapa titik pantai lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kendal mengatakan bahwa akan dilakukan diskusi terkait dengan pengembangan destinasi wisata Pantai Indah Kemangi sebagai salah satu pantai untuk pengembangan sport tourism atau wisata olahraga khususnya olahraga air.

“Kita tadi kedatangan Team Seadoo Jawa Tengah yang membawa kurang lebih ada 12 unit jetski dan tadi juga ada diskusi tentang penyelenggaraan event, maka saya arahkan untuk dilakukan di Pantai Indah Kemangi, yang saya nilai, pantai ini punya potensi besar dan nantinya bisa mengangkat UMKM yang saat ini masih dalam pengembangan di Pantai Indah Kemangi ini”, papar Dico.

Bupati beserta rombongan selain mencoba jetski, juga sempat menjelajah hingga Pantai Sendang Sikucing, Sungai Bodri dan sempat melihat potensi mangrove. Dengan adanya beberapa potensi yang bisa dihubungkan, Dico M. Ganinduto yakin bahwa Sport Tourism yang ada di Pantai Indah Kemangi akan cepat meningkat dan bisa menjadi destinasi pilihan di Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Desa Jungsemi, Dasuki, mengatakan bahwa para pedagang yang berjualan di Pantai Indah Kemangi tidak dipungut biaya.
“Semakin dikenalnya Pantai Indah Kemangi, alhamdulillah kita sudah mendapat bantuan beberapa Gazebo, lampu penarangan solar cell, termasuk ikon Pantai Indah Kemangi dan beberapa fasilitas lain”, papar Dasuki.

Pemerintah Kabupaten Kendal akan berusaha mendukung pengembangan Destinasi Wisata Pantai Indah Kemangi terutama akses menuju pantai, dengan target agar mobil besar bus besar bisa sampai lokasi. (*).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here