Sandiaga Uno Memberikan Tips Usaha Bagi UMKM dalam Webinar Lamahu Mohimelu

Sandiaga Salahudin Uno saat menjadi pembicara dalam Webinar Lamahu Mohimelu tentang UMKM pada 7 Juni 2020

Jakarta – Acara Webinar Lamahu Mohimelu adalah insiasi dari paguyuban LAMAHU Jakarta yang bertujuan menjalin tali silaturahim warga Gorontalo rantau di seluruh nusantara, dan para diaspora Gorontalo di seluruh dunia. Acara ini menampilkan tokoh-tokoh nasional khususnya yang berasal dari Gorontalo untuk Indonesia.
Lamahu Mohimelu menampilkan narasumber utama Sandiaga Uno, dan Pameran virtual 12 pelaku usaha UMKM Gorontalo, Ahad (07/06/2020).

Lihat : Wawali Ryan Kono Himbau RT/RW Sosialisaikan Protokol Kesehatan, Jelang Fase New Normal

Webinar Lamahu Mohimelu ini dilaksanakan setiap minggu sejak pandemi Covid 19 melanda Indonesia, hingga saat ini sudah sampai pada episode ke 11, dengan mengangkat topic , ”Peluang Dunia Usaha Terkait Penerapan New Normal”
Sebagai pembicara utama, Sandiago Uno yang tampil dengan kopiah karanji produk UMKM khas Gorontalo dalam pemaparannya mengatakan bahwa dalam setiap krisis pasti ada peluang. Maka dibutuhkan sebuah adaptasi dalam sebuah situasi, yang kemudian menyiapkan hari-hari yang terindah setelah badai menerpa.
Kata Sandiaga, jauh sebelum wabah Covid-19 ini terjadi, dirinya mengajak beberapa rekan untuk membenahi perekonomian negeri ini yang mengami perlambatan pertumbuhan dibawah 5 persen. Kondisi ini jangan membuat kita parah semangat dan mari melihah dibalik semua ini.
“Untuk UMKM terdampak Covid semua drop, tapi ada hikmahnya. Namun kita segera bangkit untuk mengelolah keuangan kita. Lalu beradaptasi dengan new normal dengan menguatkan keselamatan kita, lalu mengoptimalkan digitalisasi,” kata Sandiago Uno.

BACA JUGA :  Tabrak Lari, Korban Tewas Ditempat dan Satunya Sekarat


Dirinya pun membocorkan peluang baru pasca Covid-19 nanti. Pelunag itu diantaranya dibidang kesehatan, teleconferens, digitalisasi yang dikelolah secara online serta produk jamu untuk mengantidsipasi mahalnya obat-obatan. Dirinya pun memperlihatkan 100 jenis produksi yang booming saat penerapan new normal seperti sarung tangan, alat dapur, obat flu, kebutuhan pokok seperti beras dan buah-buahan, susu dan hand sanitizer serta masker.
“Untuk itu kedepan perlu diproduksi masker yang memiliki ciri khas Gorontalo dengan memperhatikan kualitas dan higienis,” ungkap Sandiaga yang disambut optimis oleh UMKM Gorontalo.

Lihat  : 2 Pasar di Boalemo Provinsi Gorontalo, siap Menyambut New Normalorontalo

Calon Wapres dari pasangan Prabowo itu juga memberikan masukan yang positif agar hasil UMKM Gorontalo akan diperkenalkan dan dipasarkan di Bosnia oleh Duta Besarnya, Roem Kono.

Dirinya pun memberikan penguatakan terhadap akselerasi digitalisasi dari pelaku usaha UMKM. “Selain di instalgram, facebook dan WhatsApp wajib dilakukan. Jangan takut jika produk dipalsukan, karena ada motto, dimana jika ada orang yang meniru produk kita, maka itu berarti produk kita sangat baik. Tidak perlu takut akan hal itu,” tegas Sandaga Uno yang suka dengan makanan khas Gorontalo Ilahe dan Iloni.
Namun, daris emua itu, Sandiaga Uno berharap agar kita harus bersatu, jangan terpecah belah, kesampingkan persoalan politik dan focus mengatasi Covid. Dirinya pun menegaskan untuk bagaimana membuka eknomi kita kembali menentukan tingkat resiko kesehatan yang memiliki dampak pada kesehatan masyarakat dan tentukan juga dampak ekonomi dari sector manapun.
Sebelumnya, Ketua Bathayo Gorontalo, Roem Kono, memberikan sambutan dan mengapresiasi atas kehadirkan putra Gorontalo yang merupakan tokoh nasional yang diperhitungkan di negeri ini.
“Saya berharap agar pak Sandiaga Uno dapat berperan aktif dalam perjuangan bangsa Indonesia ini saat dimana perjuangan mengahdapi Covid yang sangat berat. Untuk itu, kami membutuhkan kehadiran Sandiaga untuk membangkitkan semangat para pelaku UMKM di Gorontalo atau di daerah rantau untuk bisa bertahan dalam situasi ini,” ungkap Roem Kono dan berharap agar pemerintah mensuport sehingga UMKM bisa bangkit dan menjadi motor penggerakan ekonomi kedepan.
“Kita harus menjaga satu kesatuan ini, bergorotong royong, dimana yang mampu bisa belanja dan pemerintah pun bisa membantu untuk membeli produk kita, sehingga kita bisa keluar dari kondisi ini. Saya konsisten dengan pak Sandiago Uno hingga 2024,” tutup Roem Kono yang dipercayakan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Negara Bosnia dan Herzegovina itu.
Kegiatan ini semakin menarik dan terarah ketika dipandu oleh Host Ramang H Demolinggo di Jakrta dan Gafar Zakaria RRI Pekanbaru. Kolaborasi keduanya semkain hidup.
Turut hadir dalam webinar ini Saiful Ngiu sebagai Direktur Program acara, Milla Muzakar sebagai MC, James Abdul Jabar Monoarfa, Julianti Dunda, Chindra Usman, Taufik Polapa sebagai Tim Kreatif, dan di support oleh Ketua Umum Lamahu, Haris Bobihu, Sekjen, Haris Rahim, Bendahara Umum, Ethon Parman Lihawa, dan Ketua harian, Hamzah Isa serta terdapat 2000 pemirsa di facebook dan 200 lebih peserta webinar.#[JMSI/KP]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here