Pria Singkil Pemilik 2000 Pil Thryhexypenidyl Dibekuk Satresnarkoba Polresta Manado

Polersta Manado
Tersangka I saat diamankan Satresnarkoba Polresta Manado (Foto Humas Polda)
Loading...
Loading...

Manado, MEDGO.ID — Warga Kelurahan singkil Kota Manado pemilik  2000 an pil Thryhexypenidyl jenis narkoba, tak berdaya saat Satresnarkoba Polresta Manado, menciduk na di Kelurahan Kombos.

Sebelumnya aparat kepolisian telah mencium gelagatnya, terkait kepemilikan barang berbahaya tersebut, hingga harus menerjunkan Tim agar barang tersebut tak sampai beredar di masyarakat.

Menurut Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba  (Satresnarkoba)  Polresta Manado mengamankan seorang tersangka jenis thryhexypenidyl di sekitar Kota Manado.

Disampaikan  Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P  Sirait S.H.,S.I.K, bahwa tersangka merupakan  seorang pria berinisial I (31), berdasarkan identitas diketahui ia warga Singkil Kota Manado.

” I  diamankan petugas kepolisian saat berada di daerah perumahan Kombos permai, padaJumat 11 Maret 2022 sekitar pukul 11.30 WITA. Saat itu tersangka diduga akan menjajakan obat keras jenis thryhexypenidyl,” Kata Kapolres.

BACA JUGA :  Alasan Rapat, Rusli Habibie Mangkir Sidang Perkara Pencemaran Nama Baik Adhan Dambea

Saat penggeledahan, dari tangan tersangka, polisi juga berhasil menyita barang bukti obat keras jenis thryhexypenidyl sebanyak 2000 butir.

Tertangkapnya tersangka  I, adanya peran masyarakat  dengan memberikan laporan, kepada kami pihak kepolisian,  bahwa di daerah perumahan Kombos Permai lingkungan I,  ada peredaran obat keras.

Adanya laporan ini, Kapolresta Manado langsung  memerintahkan Tim, untuk terjun ke lokasi, tak lama berselang aparat  mengamankan tersangka I tanpa  perlawanan.

“Tersangka dan barang bukti langsung diamankan ke Mako Polresta Manado guna penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Julianto.

BACA JUGA :  Alasan Rapat, Rusli Habibie Mangkir Sidang Perkara Pencemaran Nama Baik Adhan Dambea

Tersangka bersama barang bukti, kini diamankan di sel tahanan Polresta Manado, untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya.

Efek Samping dan Bahaya Trihexyphenidyl

(Sumber alodokter)

Beberapa efek samping yang mungkin saja dapat terjadi setelah mengonsumsi trihexyphenidyl adalah:

  • Konstipasi
  • Pusing
  • Mulut kering
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Lelah, lemas, dan mengantuk

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan yang disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau semakin memberat. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau mengalami efek samping berupa:

  • Demam tinggi
  • Kaku, tremor, merasa akan pingsan
  • Nyeri dan sulit berkemih
  • Halusinasi atau linglung
  • Kulit kering dan terasa panas namun tidak bisa berkeringat
  • Penglihatan terganggu, seperti mata kabur, melihat seperti terowongan (tunnel vision)
  • Sembelit atau konstipasi yang semakin memberat
  • Detak jantung tidak beraturan atau aritmia
BACA JUGA :  Alasan Rapat, Rusli Habibie Mangkir Sidang Perkara Pencemaran Nama Baik Adhan Dambea

Umunya Pil Thryhexypenidyl bagi penderita Parkinson yakni “Penyakit Parkinson adalah kelainan neurodegeneratif, yang mengarah pada kerusakan motorik progresif berfungsi karena hilangnya sel-sel otak penghasil dopamin. Otak manusia menciptakan neurotransmitter yang disebut dopamin. Dopamin adalah pembawa pesan kimia yang bertanggung jawab dalam mengirim pesan dari satu saraf sel di otak yang lain. Kadar dopamin yang rendah di otak dapat memengaruhi fungsi motorik secara negatif.” (Sumber : parkinsoncomunity)

 

(Humas Polda/MDG)