Presiden Imbau Zakat ASN Lewat Baznas, Gorontalo Sudah Eksis

GORONTALO, Medgo.ID – Imbauan Presiden Joko Widodo agar seluruh ASN yang membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) disambut antusias oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Pemprov sudah melakukannya sejak beberapa tahun terakhir.

“Jadi gaji ASN dipotong 2,5 persen setiap bulan. Termasuk TPP. Angkanya cukup signifikan sekitar Rp800 juta setiap bulannya terkumpul di Baznas. Ini yang disalurkan lagi ke orang yang berhak menerima zakat,” kata Penjagub Hamka, Selasa (28/3/2023).

Beragam program kemudian digagas oleh Baznas untuk menyalurkan zakat ASN. Mulai dari insentif bagi ulama, bantuan kebakaran rumah, bantuan bagi usaha kecil, hingga bantuan sekolah. Terbaru, Baznas juga ikut terlibat dalam hal penanganan tengkes di Gorontalo.

Kredit Mobil Gorontalo

“Penangan tengkes juga kita minta Baznas ikut bantu. Mereka menyiapkan anggaran Rp540 juta untuk 200 anak selama enam bulan,” beber Hamka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengimbau kepada pejabat negara, ASN, BUMN hingga kepala daerah untuk menunaikan zakat melalui Baznas. Pernyataan itu disampaikannya di Istana Negara saat penyerahan zakat kepada Baznas, Selasa (28/3/2023).

BACA JUGA :  Bawaslu Bone Bolango Perketat Pengawasan PSU di Poowo Barat

Selain menyaksikan Wapres KH Ma’ruf Amin, sejumlah menteri dan lembaga negara hadir di antaranya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menko Polhukam Mahfud MD.