Petani di Lima Kecamatan Kota Gorontalo Terima 19 Pompa Air dari Kementan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Kementerian Pertanian RI menunjukkan komitmennya untuk mendukung sektor pertanian di Kota Gorontalo dengan memberikan 19 unit pompa air kepada petani di daerah tersebut. Meskipun luas lahan pertanian di Kota Gorontalo relatif kecil dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Gorontalo, perhatian pemerintah pusat tetap besar.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian Kota Gorontalo, Sri Yanti Ano, mengungkapkan bahwa bantuan tersebut diserahkan kepada petani yang berada di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Timur, Kota Utara, Kota Tengah, Sipatana, dan Kota Barat.

“Dari 19 unit pompa air yang dijanjikan, kami sudah menerima 15 unit dan telah disimpan di gudang penyimpanan milik dinas. Kami akan segera mengadakan acara resmi untuk menyerahkan pompa-pompa air ini kepada para petani,” ujar Sri Yanti Ano.

BACA JUGA :  Gobel Ajak Rumania Bikin Joint Commission

Empat unit pompa air sisanya masih dalam proses pengiriman dari Kementerian Pertanian RI dan diharapkan segera tiba di Kota Gorontalo. Sri Yanti Ano menjelaskan bahwa bantuan ini diberikan berdasarkan usulan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian Kota Gorontalo yang melakukan pendataan kebutuhan petani di lapangan.

“Bantuan ini diberikan kepada kelompok tani yang telah kami data dan usulkan berdasarkan kebutuhan di lapangan. Kami memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran dan bermanfaat bagi petani yang membutuhkannya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Gelar Kuliah Tamu dan Diskusi Ilmiah Bersama BIG

Selain memberikan bantuan pompa air, Dinas juga memiliki program Brigade Alsintan yang menyediakan alat pertanian untuk dipinjamkan kepada petani yang tidak memiliki peralatan sendiri. Program ini diharapkan dapat membantu petani tetap produktif meski tanpa alat pertanian pribadi.

BACA JUGA :  2.824 Calon Mahasiswa Dinyatakan Lulus SNBT 2024 di UNG

“Kami berharap para petani yang menerima bantuan ini dapat menjaga dan memanfaatkan pompa air dengan baik. Brigade Alsintan juga siap membantu petani yang membutuhkan alat pertanian untuk memastikan mereka bisa terus berproduksi,” pungkas Sri Yanti Ano.

Dengan bantuan ini, diharapkan sektor pertanian di Kota Gorontalo dapat semakin berkembang dan produktivitas petani meningkat. (Adv/IH)