Pertumbuhan Ekonomi Kota Gorontalo Meningkat Menjadi 4,52 Persen pada Tahun 2023

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gorontalo merilis data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo pada tahun 2023 mencapai 4,52 persen. Angka ini menandai peningkatan signifikan sebesar 0,42 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Kepala BPS Kota Gorontalo, Sri Dewi Monoarfa, peningkatan tersebut tak lepas dari berbagai langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Kota Gorontalo di bawah kepemimpinan Wali Kota Dr. Marten Taha.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras Pemerintah Kota Gorontalo dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor-sektor strategis,” ujar Sri Dewi Monoarfa.

Kredit Mobil Gorontalo

Sektor perdagangan, konstruksi, dan administrasi pemerintahan menjadi andalan utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo. Sektor perdagangan, khususnya, telah secara konsisten menyumbang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya.

Meskipun mengalami kontraksi pada tahun 2020 akibat dampak pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo telah pulih dan bahkan mengalami peningkatan yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Kinerja ekonomi Kota Gorontalo juga berhasil melampaui pertumbuhan ekonomi provinsi dalam kurun waktu tersebut.

BACA JUGA :  Hari ke-2 Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Hadiri Open House Gubernur Sumatera Utara

“Dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 4,52 persen pada tahun 2023, Kota Gorontalo terus menunjukkan potensi dan daya saing yang kuat dalam menghadapi dinamika ekonomi regional,” tambah Sri Dewi Monoarfa.