Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya Dengan Ampuh (ilustrasi fotomedgo.id)

“Salah satu jenis batuk yang kerap diderita oleh orang adalah batuk berdahak. Jenis batuk yang satu ini memang tidak boleh kamu remehkan begitu saja. Hal ini tidak lain karena kondisi batuk ini dijamin akan membuat penderitanya tidak nyaman. Mengingat batuk ini terkadang akan membuat penderitanya mengalami sesak napas.”

Adapun gejala yang bisa mengindikasikan apabila seseorang terkena batuk dengan dahak ini adalah adanya dahak atau sputum disertai dengan adanya batuk. Dahak tersebut bisa dikeluarkan ataupun tertahan didalam saluran pernapasan. Penderita dari batuk jenis ini pun juga mempunyai ciri-ciri yang cukup unik dimana suaranya lebih nyaring.

Selain itu, dahak yang dikeluarkan tersebut biasanya berwarna kekuningan ataupun kehijauan. Perlu kamu ketahui apabila dahak tersebut mempunyai kandungan bakteri, debris ataupun jaringan yang sudah mati. Adapun beberapa penyebab dari batuk berdahak ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Batuk Berdahak

  1. Pneumonia
BACA JUGA :  Begini Penampakan Rumah Sakit Rujukan Covid19 di DKI Jakarta

Adapun penyebab pertama dari batuk jenis ini adalah pneumonia. Ini merupakan kondisi dimana kamu akan mengalami adanya peradangan pada paru-paru yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur. Batuk yang muncul awalnya memang tidak berdahak, tetapi lama-kelamaan batuk tersebut akan disertai dengan dahak.

  1. Bronkitis

Adapun penyebab lainnya yang menyebabkan batuk dahak adalah bronchitis. Dimana ini merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan dinding bronkus, yakni saluran yang berada dibawah tenggorokan yang menyambung langsung ke paru-paru. Penderita bronchitis ini biasanya akan mengalami batuk dengan dahak yang cukup kental.

  1. Asma

Kondisi lainnya yang bisa memicu adanya batuk berdahak ini adalah asma. Ini merupakan salah satu penyakit menahun yang akan membuat penderitanya tidak hanya mengalami sesak napas, tetapi juga mengalami batuk. Batuknya sendiri biasanya juga disertai dengan adanya dahak.

  1. Penyakit paru obstruktif kronik
BACA JUGA :  Begini Penampakan Rumah Sakit Rujukan Covid19 di DKI Jakarta

Adapun penyabab lainnya adalah adanya penykait paru obstruktif kronik. Dimana penyakit yang satu ini akan membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan pernapasan. Hal ini tidak lain karena diakibatkan oleh adanya paparan zat iritan seperti polusi udara, asap kimia serta asap rokok. Dahak yang dikeluarkan biasanya juga cukup banyak.

Cara Mengatasi Batuk Secara Alami

Untuk kamu yang sekarang sedang terkena batuk dengan dahak, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit ini. Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa cara mengatasi batuk dengan dahak tersebut.

  1. Air putih hangat

Cara mengatasi batuk berdahak yang pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih hangat. Air putih hangat sendiri ternyata cukup efektif untuk mengurangi dahak pada tenggorokan. Jadi air putih hangat ini sendiri berfungsi untuk mengencerkan lendir yang tertempel pada tenggorokan kamu tersebut.

  1. Madu
BACA JUGA :  Jangan Abai Jika Warna Urin Berwarna Gelap Atau Keruh

Bahan alami lainnya yang akan membantu kamu mengatasi batuk adalah madu. Madu ini sendiri mempunyai sifat anti radang, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk pilek tetapi juga untuk batuk. Anti bakteria yang terdapat dalam madu akan membuat batuk kamu tidak semakin parah

  1. Jahe
Terakhir, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk mengatasi batuk tersebut. Bahan yang satu ini tentu cukup mudah untuk kamu temukan di dapur bukan? Kamu bisa langsung bikin minuman jahe hangat. Maka dijamin tenggorokanmu akan langsung lega.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk disertai dengan dahak. Jika cara diatas belum bisa meredakan batuk yang dialami, maka kamu bisa langsung menghubungi dokter. Konsultasikan batuk berdahak yang kamu alami agar dokter dapat memberikan tindakan dengan tepat.(MDG-03)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here