Penjagub Pastikan TPP ASN Pemprov Terima Sebelum Lebaran

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID – Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dipastikan akan segera dibayarkan sebelum Idulfitri. Hal itu ditegaskan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, pada silaturahmi bersama sejumlah pimpinan media dan wartawan di Restoran Coffee Toffee, Kota Gorontalo, Rabu (12/4/2023).

“TPP ASN Pemprov Gorontalo akan dibayarkan penuh sebelum Idulfitri, tanpa potongan sama sekali atau hanya 50 persen saja. Berapa bulan yang ditunda itu insya Allah akan dibayarkan semuanya,” tegas Hamka.

Terkait keterlambatan pembayaran TPP tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Syukri Botutihe menjelaskan bahwa hal itu terkendala pada kepala daerah yang berstatus Penjabat Gubernur. Syukri menuturkan, Penjabat Gubernur lebih besar proporsi wakil pemerintah pusat di daerah ketimbang kepala daerah definitif.

Kredit Mobil Gorontalo

“Memang ada perbedaan antara penjabat definitif dengan penjabat gubernur dalam konteks mekanisme administrasi. Setiap keputusan strategis Penjabat Gubernur harus dikonsultasikan ke pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri,” jelas Syukri.

Penyebab lainnya lanjut Syukri, adanya perubahan struktur organisasi tata kerja yang dilanjutkan dengan proses asesmen ASN Pemprov Gorontalo. Syukri memastikan tahun berikutnya tidak akan terjadi lagi keterlambatan karena secara kelembagaan Pemprov Gorontalo sudah berjalan normal.

BACA JUGA :  Rekaman Dugaan Rencana Serangan Fajar (Money Politik) Caleg PPP Kota Gorontalo

“Alhamdulillan minggu ini sudah bisa dibayarkan. Patut disyukuri seperti penegasan bapak Penjagub bahwa TPP ini dibayarkan full tanpa potongan,” tandasnya.